0

Membuat Lemari Es Tidak Mudah Rusak

Membuat Lemari Es Tidak Mudah RusakLemari es merupakan perangkat elektronik yang bisa diandalkan untuk menjaga dan membuat makanan dan minuman tetap segar ketika akan dikonsumsi. Oleh karena itu, atau bisa dibilang merupakan peralatan rumah tangga yang wajib dimiliki di setiap rumah. Apalagi kini sudah banyak jenisnya, seperti lemari es pintu 1, pintu 2 bahkan yang ukurannya super besar pun ada tentu dengan harga yang bervariatif.

Penyebab Lemari Es Cepat Rusak

Lemari dengan mesin pendingin ini merupakan peralatan rumah tangga ini digunakan selama 24 jam penuh dan tidak pernah dimatikan, kecuali ketika meninggalkan rumah dan saat dibersihkan. Nah ini membuat perlengkapan dapur ini cenderung akan lebih cepat rusak. Penggunaannya yang sembarangan bahkan kita sendiri bisa menjadi penyebabnya. Ada pun beberapa penyebab lain yang membuat lemari es menjadi lebih mudah rusak :

  • Terlalu sering dibuka tutup. Ini menjadi beban kerja dari mesin pendingin akan menjadi lebih berat dan mesin jadi mudah rusak. Ini juga akan membuat tagihan listrik membengkak
  • Banyak dimasuki banyak makanan dan minuman. Ini bisa membuat beban lemari es akan menjadi berlebihan dan berakibat suhu di dalamnya menjadi kurang dingin.
  • Seringnya memasukkan makanan atau minuman yang panas langsung ke dalam lemari es. Sehingga ini akan membuat tegangan listrik tidak stabil dan beban pendinginan akan menjadi lebih berat.
  • Untuk jenis satu pintu, evaporator akan lebih mudah dan cepat rusak karena tertusuk benda tajam ataupun logam ketika membersihkan dengan cara mengcongkel nya.
  • Beban yang masuk secara berlebihan akan bisa menyebabkan rak yang ada didalamnya akan pecah dan rusak.

Langkah Antisipasi Menjaga Lemari Es Tetap Awet

Adapun langkah antisipasi untuk mencegah lemari es tidak berfungsi dan rusak adalah sebagai berikut :

  • Jangan terlalu sering buka tutup lemari es
  • Tutup lemari es dengan benar dan pastikan pintu tertutup dengan rapat.
  • Simpan makanan dan minuman secukupnya saja, karena ini akan memudahkan mesin pendingan mudah mendinginkan seluruh ruangan dan juga makanan atau minuman tersebut.
  • Perhatikan dalam penempatan makanan atau minuman di dalam lemari es. Ini dimaksudkan untuk menjaga sirkulasi udara yang ada di dalam mesin pendingin tersebut.
  • Selalu gunakan wadah ketika akan menyimpan makanan, ini merupakan cara cegah lemari es bau
  • Untuk menjaga ketegangan si mesin cuci, gunakan stabilizer, sekaligus ini bisa menghemat penggunaan listrik.
  • Atur temperatur listrik dalam lemari es sesuai dengan kebutuhan saja. Jangan terlalu memaksakan dan melebihan kebutuhan yang membuat lemari es terlalu dingin. Ini dilakukan untuk membuat mesin pendingin tidak dipaksa bekerja lebih dan sekaligus menghemat biaya listrik.

Mau lemari es Anda awet dan tahan lama ? Marilah sama-sama kita merawat dan Membuat Lemari Es Tidak Mudah Rusak. Namun intinya jangan terlalu berlebihan dalam penggunaan lemari es sebagai peralatan rumah tangga! -apuy-

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *