0

Mengatasi Penyalahgunaan Warung Internet Klaten

Warung Internet atau yang biasa disingkat dengan WarNet merupakan sebuah usaha jasa yang menyediakan akses internet bagi para konsumennya. Di kota Klaten sendiri, usaha ini termasuk usaha yang masih memiliki prospek yang cukup bagus. Pemanfaatan Internet Klaten untuk membuka usaha ini telah banyak membantu masyarakat Klaten untuk mendapatkan berbagai informasi baik untuk keperluan tugas atau untuk keperluan lainnya. Beberapa WarNet tidak hanya menyediakan fasilitas internet saja bagi pengunjungnya, tetapi juga memberikan fasilitas game online yang umumnya diminati oleh para remaja di Klaten. WarNet yang dilengkapi oleh fasilitas Game Online ini selalu ramai dipenuhi oleh pengunjung usia remaja, bahkan pada jam tengah malam sekalipun.

Hal ini pada akhirnya membuat masyarakat Klaten mulai merasa terganggu dengan kehadiran WarNet ini. Jam operasional WarNet yang diberikan ijin untuk buka selama 24 jam sering menjadi penyebab terganggunya aktifitas belajar para remaja usia sekolah. Waktu istirahat yang kurang, tidak sempat belajar karena menghabiskan waktu di WarNet dan bahkan ada yang menggunakan uang yang seharusnya untuk membayar biaya sekolah demi bisa bermain di WarNet akan sangat berpengaruh buruk bagi remaja tersebut.

Selain itu, bentuk ruangan pada WarNet yang umumnya di buat bersekat dan bahkan memiliki pintu sering disalahgunakan oleh para pengunjungnya untuk melakukan berbagai hal yang tidak bertanggungjawab.

Warnet

Untuk mengatasi penyalahgunaan WarNet dan Bahaya Kejahatan Internet oleh pengunjungnya tersebut maka pemerintah daerah Klaten membuat sebuah Peraturan Daerah yang harus ditaati oleh seluruh pengusaha WarNet. Beberapa aturan yang ditetapkan dalam PerDa tersebut yaitu:

  • Membatasi jam operasional WarNet dan Game Online. Kedua usaha tersebut hanya boleh buka 24 jam setiap hari sabtu dan minggu, sementara pada hari lainnya jam operasional menjadi jam 06.00 pagi hingga jam 02.00 dini hari.
  • Pembatasan akses Game Online bagi yang berumur kurang dari 17 tahun hanya boleh mengakses hingga jam 18.00 dan bagi yang sudah dewasa dibatasi hingga jam 22.00.
  • Pengaturan mengenai pemasangan sekat yaitu tidak boleh tertutup rapat dan tinggi sekat maksimal yaitu 90 cm. Selain itu, penjaga atau operator WarNet juga harus dapat mengawasi setiap pengunjungnya.

Diharapkan dengan adanya peraturan ini maka penyalahgunaan WarNet dan Game Online untuk hal yang negatif dapat di hilangkan atau setidaknya di minimalis. (Yv)

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *