0

Mengatur Pola Makan Sehat yang Seharusnya

Ada banyak sekali program diet agar Anda memiliki tubuh yang proporsional. Mengatur pola makan sehat selalu menjadi bagian dari program tersebut. Namun, apakah Anda benar-benar mengerti apa yang dimaksud dengan menerapkan pola makan sehat?

Apakah dengan mengkonsumsi makanan yang sehat tanpa bahan pengawet saja sudah cukup? Ternyata tidak. Apakah harus diperhitungkan nutrisi yang terkandung di dalam makanan? Tidak cukup seperti itu juga.

Tips Mengatur Pola Makan Sehat

Dan banyak yang gagal untuk menurunkan berat badan atau sebaliknya agar mendapatkan berat badan yang proporsional lantaran mereka tidak memahami apa yang dimaksud dengan menjaga pola makan yang sehat. Setidaknya ada dua hal penting yang harus Anda pahami mengenai hal ini.

1. Penyesuaian dengan Tubuh

Anda bisa saja mengikuti program diet atau program menaikkan berat tubuh. Mungkin program tersebut cocok untuk teman atau saudara Anda. Tapi, belum tentu program tersebut cocok untuk Anda.

Karena setiap orang memiliki tubuh yang berbeda. Kebutuhan tubuh pun berbeda. Itulah mengapa menjaga pola makan sehat tidak harus mengikuti program tertentu, tapi seharusnya Anda tahu berapa kebutuhan makanan untuk tubuh Anda. Jadi, mengatur pola makan yang sehat adalah memastikan makanan yang Anda konsumsi itu sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda.

2. Mengontrol Rasa Lapar

Apakah lapar bisa dikontrol? Sebenarnya bisa. Karena kebanyakan orang yang tidak bisa mengontrol rasa lapar sehingga kalap ketika ada makanan berada di hadapannya, hal tersebut bisa disebabkan adanya pengaruh emosional.

Orang yang sedang stress katanya sulit untuk mengontrol rasa lapar. Akhirnya mereka mudah mengkonsumsi makanan dengan jumlah yang banyak. Mungkin ini bisa menjelaskan bagaimana pengaruh emosi bisa membuat Anda tidak bisa mengontrol rasa lapar.

Bagaimana cara mengontrol rasa lapar? Pada dasarnya cara ini dilakukan agar Anda agar tidak terlalu banyak mengkonsumsi makanan sehingga berat badan Anda tidak melebihi angka normal. Beberapa cara yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut:

  • Fokus pada makanan. Sebisa mungkin Anda tidak makan sambil membuka hp, membaca buku, mengobrol, dan lain sebagainya. Distraksi seperti itu bisa memicu Anda untuk mengkonsumsi makanan lebih banyak.
  • Tenangkan diri dulu sebelum makan. Jika Anda stress, sebaiknya Anda tenangkan diri dulu baru kemudian Anda makan. Dengan demikian,
  • Ambil makanan dalam porsi yang sedikit. Agar menjaga tubuh sehat, Anda harus mengkonsumsi makanan secukupnya saja. Jangan mengambil makanan dalam jumlah yang banyak karena secara tidak sadar pikiran Anda akan memaksa Anda untuk menghabiskan makanan tersebut.

Sudahkah Anda selama ini menerapkan pola makan yang sehat?

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *