2

Mengenal Jenis Ban Sepeda Motor Terbaik

Jenis Ban Motor TerbaikBan Motor Terbaik bisa diartikan bukan ban dengan harga yang mahal, namun ban tersebut mempunyai kualitas dan sesuai dengan jenis motornya. Ban motor merupakan komponen penting dan harus selalu diperhatikan. Menjadi penting dan selalu diperhatikan, karena ban sepeda motor bagian penting untuk membuat berkendara di jalan raya mengggunakan sepeda motor menjadi lebih nyaman. Tentu dengan memilih jenis ban sepeda motor terlebih dulu sehingga bisa menggunakan ban yang cocok dengan sepeda motor yang digunakan. Untuk jenis ban sepeda motor memang banyak, tergantung dari medan atau jenis jalan apa yang ditempuh.

Banyaknya jenis ban motor, tentu kita harus lebih Mengenal Jenis Ban Sepeda Motor Terbaik sehingga tidak salah memilih ketika membeli. Adapun beberapa jenis ban motor yang ada di pasaran :

Ban untuk Touring

Touring tentu identik dengan jarak tempuhnya yang jauh, dimana butuh ban untuk touring sehingga perjalanan akan nyaman dan aman. Biasanya untuk jenis ban motor ini menggunakan bahan karet yang keras dan daya tahannya yang kuat. Selain itu daya cengkram ban sangat kuat dan sangat cocok untuk digunakan pada keadaan udara yang dingin.

Ban Sport Touring

Jenis ban ini sangat berfungsi jika digunakan untuk touring dengan track lurus dengan jarak yang cukup jauh. Selain memiliki ketahanan yang kuat, jenis ban ini justru lebih awat dan lebih disarankan untuk digunakan pada jenis motor dengan cc menengah.

Ban Sport Semi Slick

Ban ini memiliki daya cengkram yang sangat kuat dan mampu digunakan di suhu yang cukup tinggi, sekaligus tahan lama. Ban jenis ini memang khusus dan hanya digunakan untuk balapan di sirkuit dan tidak cocok untuk jalanan biasa. Semakin tinggi suhu pada ban ini, maka akan membuat performa ban akan semakin bagus dan daya cengkramnya makin baik pula.

Ban Scooter

Motor scooter sejenis Vespa tentu menggunakan ban khusus, di mana ban ini memiliki ukuran yang relatif kecil dibandingkan dengan ban pada umumnya. Perihal akan daya cengkram dari ban ini cukup baik sehingga tidak kalah dengan jenis-jenis ban sepeda motor lainnya.

Ban Cruiser

Mungkin banyak pengguna motor bebek tidak mengetahui akan jenis ban motor ini. Padahal jenis ban cruiser ini justru pada umumnya lebih sering digunakan oleh motor-motor bebek (4Tak). Untuk jenis ban motor ini daya mencengkram jalan cukup baik dan bisa juga digunakan untuk melakukan perjalanan touring.

Ban Off Road

Dilihat dari namanya, jenis ban motor ini memang dikhususkan untuk jenis motor trail seperti motor cross yang akan membantu untuk menerjang segala medan jalanan ekstrem seperti jalanan berlumpur, jalanan terjal. Oleh karena itu, ban ini memiliki daya cengkram yang kuat. Jenis ban motor ini tidak cocok untuk digunakan di jalanan beraspal karena bentuk bannya sendiri bergerigi dan cenderung tidak stabil.

Ban Racing Kering

Jika Anda hobi menonton Moto-GP, maka pasti melihat ban yang digunakan motor-motor yang akan balapan di sirkuit. Nah untuk jenis ban motor terbaik yang digunakan oleh Valentino Rossi, Daniel Pedrosa, dan rekan-rekan pembalap lain adalah ban racing kering. Jenis ban ini memiliki tekstur segitiga dan berbahan karet yang lembut. Jenis ban ini sangat cocok digunakan jika keadaan medan sirkuit kering, namun jika basah maka setiap pembalap akan langsung menggantinya jika tidak ingin tergelincir dan tidak bisa melanjutkan balapan.

Ban Racing Basah

Sebaliknya ban racing basah justru akan sangat berfungsi ketika digunakan dalam keadaan basah atau hujan. Adanya alur-alur pada ban ini berfungsi sebagai jalur air, sehingga ban tetap akan menapak di permukaan jalan dengan sempurna.

Memilih jenis ban sepeda motor tentu harus disesuaikan demi keselamatan si pengendara itu sendiri. Jangan lupa taati semua rambu-rambu lalu lintas yah! Tunggu saja artikel otomotif selanjutnya yang akan memberikan tambahan informasi seputar dunia otomotif! -apuy-

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

2 Comments

    • Haii Tina, salam kenal yah..
      Tergantung jenis bannya, tapi biasanya setiap merk ban pasti punya jenis ban khusus untuk digunakan touring

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *