0

Mengenal Jenis-Jenis KPR

Media Informasi Indonesia – Yang kita ketahui mengenai KPR adalah mungkin kepanjangannya saja yaitu Kredit Pemilikan Rumah. Istilah KPR sendiri menjadi lazim dan sering terdenger di telinga kita. Selain itu banyak orang yang mengenal istilah KPR sebagai salah satu cara untuk memiliki rumah atau tempat tinggal dengan menyicil setiap bulannya kepada Bank. Namun ternyata KPR ini beragam karena ada beberapa jenis dengan prinsip pokok yang berbeda satu dengan lainnya.

Pengertian KPR

Sebelum lebih jauh dalam mengenal jenis-jenis KPR, sebaiknya akan lebih baik jika kita memahami KPR itu sendiri khususnya pengertiannya. KPR yang merupakan singkatan dari Kredit Pemilikan Rumah ini adalah sebuah program atau layanan kredit yang digunakan untuk membeli hunian tempat tinggal (rumah) atau jenis properti lainnya bahkan bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan lainnya dengan menjaminkan berupa rumah.

Jenis-Jenis KPR

Setelah mengetahui pengertian dari KPR, kini kita masuk dalam pembagian akan jenis-jenis KPR itu sendiri. Jenis dari KPR ini akan dibedakan atas 2 faktor utama yang membedakannya. Faktor utama tersebut adalah jenis-jenis KPR yang beradasarkan agunan dan persyaratan penerima pinjaman sekaligus tingkat suku bunga.

Pembagian jenis-jenis KPR beradasarkan faktor agunan seperti :

  • KPR Pembelian

Mengenal Jenis-Jenis KPRKPR pembelian ini merupakan kredit pemilikan rumah yang menggunakan rumah yang akan dibeli nanti sebagai agunan atau jaminan. Namun rumah tersebut tetap bisa ditempati, namun surat-surat nya akan berada di tangan bank. Ini tentu cocok bagi kita yang ingin memiliki rumah dengan cara kredit namun tidak punya harta benda yang bisa dijadikan sebagai jaminannya.

  • KPR Multiguna atau KPR Refinancing

KPR Multiguna atau biasa disebut dalam dunia perbankan adalah KPR Refinancing merupakan jenis KPR di mana agunannya menggunakan rumah milik pribadi yang telah dimiliki sebelumnya. Tentu ini sangat pas di ambil jika menginginkan renovasi rumah namun tidak ada biaya.

Jenis-jenis KPR yang berdasarkan persyaratan akan si penerima pinjaman atau tingkat suku bunga seperti :

  • KPR Bersubsidi

Ini merupakan jenis KPR yang disediakan oleh pihak Bank sebagai bagian dari program pemerintah pusat. Ini merupakan untuk membantu atau memberikan kemudahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah yang ingin memiliki tempat tinggal pribadi. Biasanya KPR ini untuk pembelian rumamh sederhana yang akan diberikan subsidi berupa suku bunga kredit yang kecil atau uang muka yang terjangkau.

  • KPR Konvensional atau KPR Non-Subsidi

KPR konvensional atau bisa dibilang KPR non-subsidi bisa dibilang kebalikan dari KPR subsidi. Di mana jenis KPR ini merupakan produk bank dengan syarat dan ketentuan yang mengikuti umum perbankan dan juga suku bunga regular yang ditetapkan oleh bank yang bersangkutan. Setiap bank, suku bunga dalam pengajuan KPR tentu akan berbeda.

  • KPR Syariah

Jenis KPR ini tidak jauh berbeda dengan KPR non subsidi. Namun seperti produk-produk perbankan yang berbasis syariah lainnya prinsip nya akan sama yaitu menggunakan akad murabahah (jual-beli) atau musyarakah mutanaqishah (kerjasama sewa).

  • Inhouse KPR

Jenis KPR ini merupakan istilah yang membedakan antara KPR produk lembaga keuangan dan KPR internal yang disediakan oleh para pengembang. Atau KPR ini merupakan nama lain dari pembelian properti dengan cicilan secara bertahap sebagai sebuah fasilitas yang langsung disediakan oleh pengembang.

Jadi makin paham khan dengan jenis-jenis KPR ? Semoga informasi properti di atas bisa bermanfaat! -apuy-

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *