0

Menggunakan Water Heater saat Musim Hujan

Banyak orang yang senang mandi dengan air hangat terutama disaat musim hujan atau cuaca sedang dingin. Bagi orang yang sibuk dengan berbagai aktifitas sepanjang hari, lebih memilih menggunakan Water Heater (WH) untuk memenuhi kebutuhan air hangatnya. Dengan menggunakan alat ini maka kita tidak perlu repot memasak air setiap kali ingin mandi air hangat.

Ada berbagai pilihan WH sesuai dengan sumber tenaga yang digunakan untuk memanaskan airnya, yaitu Water Heater dengan tangki, WH Gas, WH listrik dan WH tenaga surya atau yang biasa di sebut dengan Solar Water Heater. Diantara semuanya WH gas memiliki harga beli yang paling rendah, sementara solar WH memiliki harga beli yang paling tinggi. Namun untuk pemakaian selanjutnya, Solar WH mengeluarkan biaya yang paling hemat karena menggunakan panas matahari sebagai sumber pemanasnya. Karena itulah, walaupun harga belinya cukup mahal, mulai banyak orang yang berfikir jangka panjang dan lebih memilih solar WH untuk digunakannya di rumah.

Menggunakan Solar Water Heater saat Musim HujanSolar WH menggunakan panel kolektor dan tangki yang biasanya diletakkan pada atap rumah. Pemasangan panel kolektor dan tangki ini harus sangat di perhatikan dari mulai sudut kemiringan hingga lokasinya agar dapat menyerap panas secara maksimal. Untuk dapat bekerja secara maksimal, Solar WH menggunakan fenomena termosypon yaitu fenomena dimana pada sudut kemiringan tertentu air panas akan bergerak keatas sementara air dingin akan bergerak kebawah).

Walaupun begitu, masih banyak juga yang ragu menggunakan solar WH karena takut tidak bisa digunakan di musim hujan. Karena pada saat musim hujan, cahaya matahari akan jauh berkurang dari musim kemarau dan tidak secara efektif mampu untuk memanaskan air yang berada dalam tabung. Namun masalah ini sudah tidak lagi menjadi kendala karena berbagai fasilitas lain yang dimiliki solar WH sehingga dapat bekerja secara efektif dalam kondisi apapun.

Untuk mengatasi masalah cuaca yang tidak menentu (terkadang hujan dan terkadang panas terik) Solar WH menggunakan teknologi dimana alat ini akan tetap dapat menyerap panas matahari sekalipun cuaca mendung. Namun jika dirasa panas yang dihasilkan masih kurang, maka solar WH dilengkapi dengan tenaga listrik yang dapat digunakan pada saat-saat tertentu. Besar daya yang digunakan berbeda bergantung pada ukuran alat yang digunakan. Ketika cuaca sudah kembali cerah, maka sumber listrik ini dapat di non aktifkan kembali.

Jadi, dengan penggunaan water heater saat musim hujan dirasa sangat pas sehingga ketika membutuhan air hangat untuk mandi maka tidak harus menunggu waktu yang lebih lama. Selamat menggunakan water heater di rumah yah!

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *