0

Menghancurkan Batu dengan Jaw Crusher

Jaw CrusherBatu merupakan salah satu material penting dalam proses pembangunan. Namun, strukturnya yang keras dan ukurannya yang tidak seragam membuat batu ini sulit untuk digunakan. Menghancurkannya secara manual dulu sering dilakukan untuk mendapatkan ukuran yang dibutuhkan, namun saat ini banyak yang lebih menggunakan stone crusher untuk menghancurkan batu. Cara ini tentu lebih mudah, cepat dan praktis dibandingkan dengan cara manual. Kontraktor hanya perlu menyediakan alat ini lengkap dengan spare part alat berat sebagai cadangan saat dibutuhkan, maka batu dapat dipecahkan sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan.

Ada banyak jenis stone crusher yang bisa digunakan, namun jaw crusher adalah salah satu yang paling sering digunakan. Salah satu alasan mengapa jaw crusher yang digunakan adalah karena memiliki sistem atau cara kerja yang paling sederhana. Selain itu, masih ada beberapa kelebihan lainnya bila dibandingkan dengan stone crusher jenis lain, yaitu:

  • Struktur alatnya paling sederhana, sehingga mudah dalam perawatannya
  • Memiliki kekuatan yang paling besar, sehingga mampu memecahkan batu yang keras sekalipun
  • Meskipun mampu memecahkan batu keras, namun alat ini juga mampu memecah berbagai material yang memiliki tingkat kekerasan beragam, seperti timah, bauksit, tembaga, marmer, pasir silika, dan lainnya.
  • Kapasitas yang sangat fleksibel
  • Efisiensi kerja yang tinggi, namun biaya yang dibutuhkan cenderung rendah. Sehingga, dapat menghemat biaya yang harus dikeluarkan.

Cara kerja alat ini sebenarnya cukup sederhana, yaitu seperti cara kerja penjepit. Material yang berada dalam ruang pada alat ini, akan dijepit diantara kedua plate yang terbuat dari baja. Tekanan dari plate inilah yang akan menghancurkan material di dalamnya. Dari dua buah plate, hanya ada satu plate yang mampu bergerak. Plate ini akan digerakkan dengan kekuatan motor penggerak dan bergerak membuka dan menutup.

Berdasarkan dari lokasi engselnya, jaw crusher ini dapat dibagi menjadi 2 yaitu jaw crusher dengan engsel di atas (system blake) dan jaw crusher dengan engsel di bawah (system dodge). Untuk kapasitas material yang dapat dihancurkan oleh alat ini sangat beragam, bergantung pada kapasitas crushernya sendiri. Begitupula dengan kekuatan yang dihasilkannya. (Vita)

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *