1

Mengintip Peraturan Sekolah untuk Siswa di Jepang

Jepang terkenal dengan kebiasaan warganya untuk bersikap disiplin yang cukup tinggi. Dan kebiasaan disiplin tersebut tidak hanya terpatri pada orang dewasa saja tetapi juga untuk anak-anak. Percaya tidak percaya, kebiasaan disiplin ini sudah dipupuk sejak kecil. Hal ini bisa dilihat dari peraturan sekolah untuk siswa di Jepang, yang tidak ketat namun ampuh untuk membuat siswa disiplin. Pendidikan di Jepang memang dipandang sebagai sesuatu yang penting dan wajib. Banyak orang tua yang memastikan pendidikan anak-anaknya dengan membeli asuransi pendidikan di agen asuransi. Berikut beberapa peraturan untuk siswa di Jepang:

Harus datang tepat waktu

Jam sekolah benar-benar ketat dan diatur di sana. Setiap murid harus tiba di sekolah sebelum jam 8:30 pagi. Tidak ada pengecualian keterlambatan. Jika terlambat lebih dari lima kali, maka siswa harus menerima hukuman. Hukumannya tidak kejam sih, paling harus datang ke sekolah lebih pagi dari biasanya dan membersihkan sekolah selama satu minggu penuh. Hal ini dimaksudkan agar siswa yang bersangkutan terbiasa datang pagi dan menjadikannya sebagai kebiasaan. Tidak heran deh jika siswa di sana disiplin dan selalu tepat waktu.

Tanggung jawab kebersihan kelas dan juga lorong berada di tangan siswa

Siswa yang berada di dalam kelas akan bertanggung jawab dengan kebersihan kelas dan juga lorong di depannya, bahkan kebersihan toilet juga loh. Biasanya, setiap awal semester akan dibentuk regu piket setiap hari untuk menentukan siapa yang bertanggung jawab atas kebersihan kelas.

Siswa Bersih-Bersih Toilet Sekolah

Kebiasaan ini bagus, sebab bisa membantu siswa untuk bersikap bersih dan tanggung jawab dengan hal-hal yang menjadi kewajiban mereka. Semua tugas menyapu, mengepel, membersihkan papan tulis, semuanya dikerjakan oleh siswa.

Makan siang di sekolah

Biasanya, siswa di Jepang akan makan siang di sekolah entah itu di kafetaria atau di kelas. Makanannya sudah disediakan pihak sekolah setiap harinya, jadi mau tidak mau dan suka tidak suka, makanan yang disajikan harus dimakan. Menu makanan per minggu juga biasanya akan dikirimkan satu minggu sebelumnya ke murid-murid.

Pelajaran renang masuk kurikulum

Sekolah di Jepang

Aturan sekolah di  Jepang, pelajaran renang biasanya akan masuk ke kurikulum sekolah. Pasalnya, setiap sekolah memiliki kolam renang sendiri sehingga pelajaran ini akan dilakukan dengan serius. Bahkan beberapa sekolah menerapkan proses remidial untuk siswa yang tidak lulus dalam pelajaran renang ini.

Tidak boleh berdandan ke sekolah

Tidak seperti yang digambarkan dalam dorama atau bahkan filmnya, siswa di Jepang tidak boleh berdandan saat pergi ke sekolah. Mereka tidak diperkenankan untuk menggunakan make up, lensa kontak, mengecat rambut, memakai cat kuku, dan lain sebagainya. Namun demikian, ada pula yang memperbolehkan untuk berdandan ke sekolah asal tidak di luar batas.

Tidak diperkenankan menggunakan perhiasan

Selain make up, perhiasan pun tidak boleh dikenakan oleh siswa perempuan.

Masih banyak aturan lain yang belum kamu ketahui. Simak kelanjutannya dalam artikel selanjutnya, ya!

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *