0

Menguak Rahasia Di Balik Amazon

AmazonSiapa tidak kenal Amazon? Situs pasar online yang sudah lebih dulu terkenal di dunia maya sebelum kehadiran online shop ini memang mendunia. Tidak terhitung lagi berapa jumlah benda yang sudah terjual melalui situs ini. Lingkup penjualannya pun tidak hanya terpusat pada satu negara saja, melainkan ke seluruh dunia. Mengapa demikian? Sebab penjualannya ditunjang pula dengan jasa pengiriman internasional untuk mengirimkan pesanan di mana pun Anda berada. Siapa sih tokoh yang berada di balik kemegahan Amazon dan bagaimana sejarah berdirinya? Simak semuanya dalam artikel berikut ini.

  • Tidak pernah ada yang menyangka bahwa Amazon berdiri di sebuah garasi rumah. Ya, siapa pun tidak akan percaya jika kerajaan Amazon yang megah seperti sekarang ini diciptakan di dalam garasi rumah milik Jeff Bezos. Jeff menciptakan business plan tentang Amazon di belakang rumahnya dan mendirikan perusahaan impiannya pada tahun 1994 di Seattle. Ada alasan tersendiri mengapa Jeff memilih Seattle sebagai lokasi tempat dibangun bisnis pertamanya. Jeff beranggapan bahwa Seattle merupakan kota di mana para ahli IT berkumpul sehingga ia akan mudah menarik tenaga untuk mewujudkan impiannya.
  • Amazon didirikan pada tahun 1994 dan baru live pada tahun 1995. Ya, pada tahun 1994, Jeff Bezos mulai memperkenalkan perusahaan buatannya yang diberi nama Cadabra Inc. Namun karena para wartawan kerap salah mendengar kata cadabra menjadi cadaver, maka Jeff Bezos memutuskan untuk mengubah nama perusahannya menjadi Amazon dan mulai diperkenalkan pada publik tahun 1995.
  • Kata ‘Amazon’ dan logonya memiliki arti tersendiri. Jika diperhatikan, logo Amazon sangatlah sederhana yaitu hanya berupa tulisan AMAZON dan tanda panah melengkung yang menghubungkannya. Tahukah Anda apa yang dimaksud dari logo ini? Coba perhatikan baik-baik: tanda panah melengkung itu membentuk sebuah senyuman yang menghubungkan huruf A dan Z dari kata AMAZON. Hal ini berarti bahwa Amazon akan berusaha melayani konsumen dari awal sampai akhir dengan senyuman.

Seperti yang sudah dijabarkan di atas, meski perusahaan Amazon sudah berdiri sejak tahun 1994, namun faktanya Jeff Bezos baru menuai kesuksesannya pada tahun 2007. Ya, kerja keras dan kegigihan Jeff Bezos baru terbayar beberapa belas tahun kemudian. Setidaknya, inilah yang bisa kita pelajari dari pendiri Amazon dimana kerja keras adalah ujung dari segala keberuntungan. (Tr)

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *