0

Mengulik Biaya Perawatan Olga Syahputra di Singapura

Olga SyahputraSudah 1 bulan lebih komedian Olga Syahputra telah berpulang ke pangkuan Illahi. Seperti yang kita sama-sama ketahui bahwa almarhum Olga Syahputra meninggal pada Jumat (27/3/2015) sore hari waktu Singapura dan kemudian dimakamkan di Jakarta, tepatnya pemakaman TPU Malaka Jakarta Timur pada Sabtu (28/3/2015) sesudah sholat dzuhur. Olga sendiri meninggal setelah berusaha berjuang melawan penyakit meningitis dengan menjalani perawatan di rumah sakit Singapura dengan penanganan secara intensif oleh dokter Singapura.

Pertanyaan mengenai biaya perawatan Olga Syahputra selama berada di rumah sakit Singapura RS Mount Elizabeth pun kini menjadi buah bibir banyak orang. Hal tersebut banyak dipertanyakan karena kini tingkat kesadaran masyarakat , mulai dari kelas bawah hingga akan resiko financial yang akan dihadapi ketika tengah menghadapi kondisi kritis dan butuh perawatan intensif justru kini makin meningkat. Memang rumor mengenai kabar sang komedian dirawat di rumah sakit Singapura tidak terlalu banyak diketahui. Namun kabar yang berhembus, bahwa Olga mulai dirawat di Singapura pada awal Mei 2014.

Bukan hal yang umumnya lagi bahwa biaya perawatan di rumah sakit Singapura, apalagi ditambah jika menginginkan jasa dokter spesialis Singapura, tentu biayanya akan melambung tinggi. Ditambah pembiayaannya pun menggunakan dollar Singapura yang bisa mencapai 9.500/dollar. Mengutip dari situs salah satu rumah sakit Singapura RS Mount Elizabeth (www.mountelizabeth.com.sg), rumah sakit ini menawarkan berbagai tips kamar seperti :

  • Four-bedded

Tipe kamar ini merupakan tipe kamar paling murah, yaitu 276 dollar Singapura atau sekitar Rp 2,6 juta per pasien setiap harinya. Untuk tipe four-bedded ini, 1 ruangan kamar akan diisi oleh 4 pasien.

  • Two-bedded

Setiap pasien yang menempati kamar dengan tipe ini akan dikenai charge sebesar 276 dollar Singapura atau sekitar Rp 2,6 juta per pasien setiap harinya. Tipe kamar ini akan disi oleh 2 orang pasien saja. Namun jika 1 ruangan diisi oleh satu orang, pihak rumah sakit memperbolehkan, dengan biaya 640 dollar Singapura sehari atau sekitar Rp 6 juta/hari.

  • Royal Suite

Adapun kelas termahal untuk tipe kamar rumah sakit di RS Mount Elizabeth dengan biaya sebesar 9.298 dollar Singapura atau senilai dengan Rp 88,3 juta per hari untuk setiap pasien.

Selain kamar-kamar yang bervariasi, pihak rumah sakit Singapura RS Mount Elizabeth juga menginformasikan di dalam website resminya mengenai biaya perawatan di kamar ICU. Untuk biaya kamar ICU ini, pasien akan dikenakan biaya 799 dollar Singapura atau Rp 7,5 juta untuk setiap pasien setiap hari. Namun jika pasien dirujuk harus melakukan perawatan di ruang high dependency unit (HDU), maka biaya yang harus dikeluarkan adalah 683 dollar Singapura atau sekitar Rp 6,5 juta setiap hari.

Fantastis bukan jika kita menghitung berapa besar biaya perawatan Olga Syahputra di Singapura ? Nah, belajar dari pengalaman almarhum Olga, ini menjadi pembelajaran bagi kita semua bahwa kesehatan itu adalah penting dan harus sama-sama kita jaga. Semoga bisa bermanfaat yah! -apuy-

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *