0

Mengunjungi Museum Nasional

Museum Nasional IndonesiaMengunjungi kota Jakarta pada saat masa liburan merupakan pilihan yang tepat. Bagi wisatawan yang berasal dari luar kota tidak perlu khawatir dengan tempat menginap selama berada di kota ini, karena banyak sekali pilihan Hotel in Jakarta yang dapat dipilih oleh wisatawan selama berada di kota ini. Untuk mencapai kota ini pun akses nya sangat mudah, bagi yang tidak bisa membawa kendaraan pribadi dapat menggunakan transportasi umum seperti pesawat, bis atau kereta.

Bagi wisatawan yang datang ke kota ini dengan menggunakan kereta, ada beberapa tempat wisata yang bisa langsung dikunjungi begitu sampai di kota ini. Karena lokasi tempat wisata nya sangat dekat dengan stasiun Gambir yang merupakan stasiun utama di Jakarta. Salah satu tempat wisata yang bisa dikunjungi yaitu Museum Nasional Indonesia atau dikenal juga dengan nama Museum Gajah.

Museum ini berlokasi di Jalan Merdeka Barat, Jakarta. Museum ini disebut sebagai museum gajah bukan karena menyimpan koleksi berbagai jenis gajah, tetapi karena pada bagian depan museum ini terdapat patung gajah yang berukuran besar. Patung gajah ini merupakan hadiah dari Raja Chulalongkorn dari kerajaan Thailand pada tahun 1871 dan dibuat dengan bahan dasar perunggu. Pada museum ini juga terdapat beberapa meriam kuno yang tertata dengan rapi.

Di dalam museum ini ada banyak sekali koleksi yang berhubungan dengan bangsa Indonesia yang dapat dilihat oleh wisatawan. Agar mudah dalam mengenal koleksi nya, museum ini membagi semua koleksi nya kedalam beberapa kategori, yaitu:

Sejarah

Koleksi dalam kategori ini merupakan berbagai benda yang mengandung nilai sejarah Bangsa Indonesia dalam periode waktu abad ke-16 masehi hingga abad ke-19 masehi.

Geografi

Koleksi dalam kategori ini berisikan fosil toxaster dan amonit yang berusia antara 75 hingga 135 juta tahun. Selain itu, ada juga koleksi bebatuan seperti batuan sedimen dan metamorf.

Prasejarah 

Dalam kategori ini, koleksi nya merupakan benda-benda peninggalan pada jaman prasejarah, yaitu sekitar 1,5  juta tahun yang lalu pada saat manusia belum mengenal tulisan hingga pada abad ke 5 masehi, yaitu saat ditemukannya prasasti Yupa di kutai,  Kalimantan Timur.

Keramik

Pada kategori ini, terdapat beragam koleksi keramik yang berasal dari berbagai negara.

Etnografi 

Dalam kategori ini dipamerkan beragam benda hasil kebudayaan dari seluruh suku Bangsa di Indonesia.

Numismatik & Heraldik 

Kategori ini berisikan seluruh mata uang yang pernah beredar di Indonesia, baik uang koin maupun uang kertas. Bahkan ada  juga alat cetak uang.

Museum ini di buka setiap hari Selasa hingga minggu, kecuali pada hari libur nasional. Pada hari selasa sampai jumat museum di buka dari jam 8 pagi hingga jam 4 sore, dan pada hari sabtu-minggu museum buka dari jam 8 pagi hingga jam 5 sore. Dapatkan info lain nya dan jangan ragu-ragu untuk kunjungi situs ezytravel sebagai tempat pesan tiket pesawat murah sekaligus paket travel berkualitas. (Yv)

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *