0

Menjelajahi Alam dengan Sepeda Gunung

Bersepeda adalah salah satu alternatif yang paling populer untuk transportasi. Hemat, cepat, dan juga sehat, menjadi alasan banyak orang yang menjadikan bersepeda sebagai hobi, bukan hanya untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Sepeda juga sangat banyak tipenya, yang biasanya dibagi berdasarkan apa kelebihan sepeda tersebut dan biasanya digunakan untuk apa. Beberapa tipe sepeda antara lain sepeda tandem untuk dinaiki lebih dari satu orang, sepeda onthel dan Penny Farthing untuk pecinta sepeda lama, BMX untuk pembalap dan stunt-rider, fixed-gear atau sering juga disebut fixie yang sempat populer di kalangan urban Jakarta, dan sepeda gunung, seringkali juga disebut sepeda MTB.

Menjelajahi Alam dengan Sepeda Gunung

MTB, seringkali juga disebut ATB (all-terrain bicycle) adalah sepeda yang dibuat khusus untuk bersepeda off-road. Secara konstruksi, MTB cenderung berbeda dibandingkan sepeda biasa. Perbedaan yang paling kentara adalah adanya suspensi, roda yang lebih besar, ban yang lebih kuat, dan rem yang lebih pakem. MTB dibuat lebih kuat untuk dapat berjalan baik melewati jalan yang rusak, tanah, batu-batu dan rintangan-rintangan lain yang dapat ditemukan di alam.

MTB sendiri dapat dibagi menjadi beberapa tipe menurut kegunaan dan desainnya. Beberapa tipe sepeda MTB antara lain:

  • Cross Country (XC) : MTB tipe ini didesain untuk balapan cross country, dengan kebutuhan dapat menaiki tanjakan dan kecepatan serta ketahanan. MTB tipe ini biasanya ringan dan efisien. Walaupun MTB tipe ini dimaksudkan untuk penggunaan off-road, ia tidak didesain untuk digunakan pada tanjakan atau turunan tajam dan jalan yang sangat parah kondisinya.
  • Trail Bikes : Tipe ini adalah perkembangan dari sepeda XC yang biasanya digunakan peminat sepeda gunung untuk rekreasi di “Trail center” yang khusus atau pada jalur off-road natural. Trail Bikes biasanya dibuat untuk melewati jalanan yang lebih kasar dibandingkan dengan XC, dengan stabilitas yang lebih baik ketika menuruni turunan.
  • Enduro/all-mountain (AM) : Sepeda tipe ini biasanya digunakan dan didesain untuk menanjak dan menurun dengan sangat baik, dan dimaksudkan untuk dinaiki naik-turun gunung.
  • Downhill (DH) : Sepeda DH hanya ideal untuk dinaiki melewati jalur dan lintasan balapan downhill, karena spesialisasinya adalah melewati turunan.

Selain ini, masih ada banyak sekali tipe-tipe MTB yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Untuk yang berminat mencoba hobi mountain biking, MG Sports & Music menyediakan berbagai pilihan sepeda, termasuk MTB. MG menyediakan sepeda MTB untuk baik penikmat mountain biking baru maupun lama dengan harga yang terjangkau.

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *