2

Merawat Suku Cadang Alat Berat

cara merawat suku cadang alat beratAlat berat merupakan moda kendaraan yang digunakan oleh para insinyur untuk mempermudah kegiatan pembangunan berskala besar. Alat ini terdiri dari beragam jenis dan dipergunakan untuk meratakan konstruksi permukaan tanah, memindahkan benda-benda berat, atau bahkan mengeruk lokasi pembangunan. Keberadaan alat berat di dalam sebuah proyek pembangunan sangatlah penting. Oleh sebab itu, agar pekerjaan tidak terganggu, tentunya alat-alat ini perlu mendapatkan perawatan yang continue untuk melindungi suku cadang alat berat. Berikut ini adalah cara merawat suku cadang alat berat yang benar.

  • Bersihkan alat berat setiap selesai digunakan. Alat berat digunakan untuk mengeruk tanah, memindahkan benda-benda berat, atau bahkan mengangkat batuan. Selama proses itu, tentunya banyak sekali kotoran yang melekat di permukaan alat berat. Bersihkan alat berat setelah selesai digunakan. Hal ini untuk menjaga agar kotoran tidak melekat di suku cadang dan merusak mesin alat berat.
  • Terapkan daily maintenance alias perawatan harian. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kerusakan di dalam mesin alat berat. Dengan melakukan perawatan harian, kita akan tahu jika ada sesuatu yang tidak beres dengan mesin alat berat kita. Dengan demikian, permasalahan di dalam mesin bisa diketahui secara lebih cepat dan dapat diantisipasi.
  • Ganti oli secara berkala. Tidak jauh berbeda dengan kendaraan bermotor, alat berat juga memerlukan oli dan solar untuk menunjang pengoperasiannya. Oli berfungsi untuk melindungi kondisi mesin alat berat kita. Gantilah oli secara berkala agar mesin tetap terlindungi.
  • Periksa kondisi suku cadang. Suku cadang adalah komponen yang cukup penting dari sebuah alat berat. Untuk itu, lakukan pemeriksaan suku cadang untuk mengetahui apakah mesin alat berat masih berfungsi sesuai prosedur yang berlaku. Jika terjadi kerusakan pada suku cadang, laporkan pada teknisi yang bersangkutan untuk segera diperbaiki. Jika sudah tidak bisa diperbaiki, sebaiknya lakukan penggantian suku cadang.
  • Mengadakan pemeriksaan mesin secara keseluruhan secara berjangka. Jadwalkan pemeriksaan mesin dengan jarak empat sampai enam bulan untuk melihat performa mesin secara menyeluruh.

Berbagai hal di atas dapat memperpanjang usia suku cadang alat berat jika dilakukan secara rutin, sehingga sangat penting untuk diperhatikan. (Tr)

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *