0

Minim Pendapatan? Begini Cara Mengaturnya!

Menjadi salah seorang pegawai yang bekerja di office tower mega kuningan, pastinya mendapatkan gaji setiap bulannya. Hanya saja, untuk besaran gaji yang didapatkan ini, tentunya berbeda diantara satu pekerja dengan pekerja lainnya terlebih bagi yang baru bekerja selama beberapa bulan. Meskipun demikian, Anda tidak usah berkecil hati bilamana Anda memperoleh gaji yang bisa dibilang kecil, sebab jika Anda mengetahui cara mengatur uang gaji yang benar maka gaji kecil pun bukan lagi masalah untuk Anda.

Hitung Pengeluaran Bulanan

Adapun beberapa cara yang bisa Anda lakukan jika hanya memperoleh gaji yang terbilang cukup kecil. Simak, yuks!

  1. Cari tempat tinggal yang murah. Nah, bagi Anda yang menyandang status anak kosan akibat tempat tinggal berjauhan dari orang tua, baiknya carilah tempat tinggal ataupun kosan yang menawarkan harga murah. Memang, jika ditelurusi, hanya sedikit tempat kosan yang menawarkan harga murah, namun apabila Anda tidak malas untuk mencarinya maka kosan murah pun bisa Anda dapatkan.
  2. Hitung biaya makan. Sekalipun Anda hanya mendapatkan gaji bulanan dalam kecil, Anda pun masih bisa mengakalinya dengan cara menghitung biaya makan dalam satu hari penuh. Biasanya, jika diratakan banyak pekerja yang mengeluarkan uang untuk makan sebesar 10 – 15 ribu untuk sekali makan. Jika dikalikan selama satu bulan, tentunya didapat hasil sebesar 1.350.000. Angka ini mungkin masih terbilang besar, untuk itu bisa pula diakali dengan mengurangi pengeluaran untuk makan dengan membawa bekal dari kosan.
  3. Catat biaya transportasi. Selain menghitung biaya makan, Anda pun bisa mencatat biaya transportasi yang dikeluarkan setiap harinya (ini dikhususkan untuk Anda yang kosannya jauh dari tempat kerja). Namun, sebisa mungkin baiknya Anda mencari tempat tinggal ataupun kosan yang dekat dengan tempat kerja bilamana di tempat jauh Anda masih tinggal di kosan. Sebab, ini bisa dijadikan sebagai sarana untuk mengurangi pengeluaran untuk biaya transportasi.
  4. Kurangi pengeluaran untuk hal yang tidak penting. Agar pendapatan tidak berkurang, baiknya kurangilah pengeluaran untuk sesuatu hal yang kurang penting untuk Anda. Semisal, Anda tidak membeli barang yang sebenarnya tidak Anda butuhkan ataupun tidak terlalu boros sebelum menerima gaji berikutnya. Dengan begini, tentunya Anda tidak akan kewalahan sekalipun gaji Anda kecil.

Itulah beberapa cara mengatur uang untuk Anda yang memperoleh gaji kecil. Semoga bermanfaat! –SH–

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *