0

Museum yang Wajib Dikunjungi Saat di Jakarta

Banyak wisatawan yang merasa ragu ketika diajak wisata ke kota Jakarta. Sebab, kota ini terkenal dengan berbagai gedung bertingkat baik itu hotel in Jakarta, mall ataupun perkantoran. Sehingga, tidak banyak yang tahu bahwa sebenarnya kota ini memiliki cukup banyak tempat wisata. Biasanya, yang mereka ketahui hanyalah Ancol dan Monas saja tempat wisata yang ada di kota ini.

Memang sih, kedua tempat tersebut termasuk tempat wisata paling terkenal yang ada di Jakarta. Apalagi, monas yang merupakan salah satu ikon bersejarah Indonesia. Namun sebenarnya, selain dari kedua tempat tersebut, Jakarta masih memiliki banyak sekali tempat wisata, khususnya bagi kamu pecinta museum.  Penasaran? Berikut ini adalah beberapa museum yang wajib dikunjungi saat kamu berada di Jakarta:

Wisata Museum Nasional

Wisata Museum Nasional

  • Museum Nasional

Museum nasional ini berbeda loh dengan monumen nasional, jadi jangan sampai salah ya. Museum ini juga dikenal dengan nama lain, yaitu museum gajah. Namun, penamaan ini bukan karena di dalam museum ini menyimpan berbagai koleksi tentang gajah ya, melainkan karena adaya patung gajah berukuran cukup besar pada pintu masuk museum. Museum ini dinamakan museum nasional karena menyimpan berbagai koleksi dari seluruh daerah di nusantara. Termasuk diantaranya arca, naskan, dan berbagai benda bersejarah lainnya.

  • Museum Bank Indonesia
Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia

Sesuai namanya, museum ini menyajikan berbagai informasi mengenai peran penting Bank Indonesia dalam perjalanan sejarah Indonesia. Musem ini berlokasi di daerah kota tua Jakarta Utara. Untuk menjangkaunya juga sangat mudah, karena sangat dekat dengan Stasiun Kota. Tidak hanya itu saja kelebihannya, karena di area museum ini juga terdapat cukup banyak museum lain, seperti Museum Bank Mandiri dan Museum Fatahilah. Jadi, kamu bisa berkeliling beberapa museum sekaligus hanya dengan mendatangi satu lokasi.

  • Museum Wayang

    Museum di Jakarat : Museum Wayang

    Museum di Jakarat : Museum Wayang

Apa yang ada dibenakmu begitu mendengar Museum Wayang? Seram, angker, dan misterius? Yap, tempat ini memang terkenal sebagai salah satu museum paling menyeramkan. Mungkin, karena di dalam museum ini menyimpan banyak sekali koleksi wayang dan boneka. Akan tetapi, dibalik cerita mistis museum ini, sebenarnya jika kamu mengunjunginya pada siang hari, museum ini memiliki banyak sekali koleksi yang menarik untuk dilihat. Jika kamu merasa takut untuk mengunjunginya sendiri, kamu bisa mengajak teman untuk menemanimu berkunjung ke sini. Dijamin, tidak akan menyesal.

  • Museum Sumpah Pemuda
Museum Sumpah Pemuda

Museum Sumpah Pemuda

Masih ingat dengan sumpah pemuda? Sebuah sumpah yang memiliki makna besar terhadap perjuangan bangsa Indonesia dalam melawan penjajah. Sedemikian hebatnya sumpah ini, sehingga dibuatkan sebuah museum khusus untuk mengenangnya. Dalam museum ini, terdapat koleksi foto dan berbagai benda yang berkaitan dengan momen sumpah pemuda.

Sebenarnya, masih banyak lagi museum lain yang ada di kota ini dan tidak kalah menarik dari ke-4 museum Jakarta di atas. Namun, jika kamu tertarik untuk mengunjungi museum di atas ataupun museum lainnya, ada yang harus kamu ingat, yaitu mengenai jadwal buka dan tutup museum. Sebagian besar, museum akan buka pada hari selasa hingga minggu. Sementara hari senin dan hari libur nasional museum akan ditutup untuk umum. Mengenai jam buka dan tutup, beragam bergantung masing-masing museum, namun biasanya museum tidak akan buka sampai terlalu sore.

Selamat berwisata. (Vita)

Ratih Wulan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *