3

Nama Indonesian Film Producer Ternama

Kini film-film hasil karya Indonesian film produser sudah makin banyak dan berkembang. Dengan hasil-hasil karya mereka, dunia perfilman Indonesia kini makin disegani dan tidak jarang masuk nominasi dalam salah satu kategori dalam acara penghargaan di mancanegara. Bahkan tidak jarang ada beberapa produser film ini tidak hanya sebagai produser, namun juga sekaligus merangkap menjadi penulis naskah skenario dan sutradara film yang dibuatnya.

Produser film adalah seseorang yang lebih memberikan project film kepada orang-orang terkait untuk produksi film yang akan dibuat. Produser film sendiri pada dasarnya hanya menjamin dari segi keuangan, khususnya pada masa pra-produksi film sehingga sebuah film dapat terdanai sepenuhnya. Namun tidak jarang, ada seorang produser film yang merangkap menjadi sutradara dan bertanggung jawab sepenuhnya semua proses pembuatan film.

Nama Indonesian Film Producer Ternama

Tentu Indonesian film produser makin banyak seiring peprkembangan dunia perfilman Indonesia baik yang baru maupun sudah berpengalaman di dunia ini. Namun dari sekian banyak, ada beberapa nama yang memang terkenal di telinga masyarakat Indonesia, berikut ini beberapa Nama Indonesian Film Producer Ternama :

  • Joko Anwar

Joko Anwar merupakan salah satu dari nama Indonesian film producer ternama. Selain sebagai producer film, Joko Anwar juga merupakan seorang sutradara dan penulis naskah scenario sebuah film terkenal di Indonesia. Pemuda yang lahir pada 3 Januari 1976 di perkampungan miskin di Medan sangat menggemari film-film bergenre kung fu dan horor. Bahkan ketika berada di SMP atau sekarang disebut SLTP sudah menulis dan menyutradarai sebuah pertunjukkan drama. Dan hobi menulis ini meningkat ketika Joko Anwar menjadi salah seorang wartawan di The Jakarta Post dan ini menjadi awal mula dirinya menjadi seorang kritikus film.

Film yang berhasil di produseri oleh Joko Anwar adalah Arisan!, di mana film ini sukses yang luar biasa dan berhasil mendapatkan penghargaan baik dalam ataupun negeri . Judul film lainnya yang juga sukses seperti Janji Joni, Kala, Quickie Express, Jakarta Undercover, Pintu Terlarang, dan beberapa judul film lainnya.

  • Riri Riza

Mohammad Rivai Riza atau biasa dipanggil Riri Riza merupakan seorang sutradara, penulis naskah, dan juga sekaligus produser film beken di Indonesia. Namun sebelumnya menjadi seorang producer film, Riri Riza muncul sebagai seorang sutradara, di mana dia berhadil menyutradarai film pertama nya Kuldesak di tahun 1998. Memang untuk sebagai sutradara Riri Riza telah berhasil menyelesaikan beberapa film, namun untuk produser film Riri Riza baru satu judul film yang ia produseri yaitu Pendekar Tongkat Emas pada tahun 2014.

Riri Riza terbilang sangat eksis di dunia perfilman Indonesia, dan bisa di bilang setiap film yang dia sutradarai pasti akan sukses di pasaran. Karena itulah, 3 penghargaan telah dia raih seperti Sutradara Terbaik FFI 2005, Sutradara Terpuji Festival Film Bandung 2008, dan Sutradara Terbaik dalam Asian Film Festival 2013 baru-baru ini.

  • Mira Lesmana

Mira Lesmana atau nama lengkap nya Mira Lesmanawati merupakan producer film Indonesia yang sukses dan berhasil pada tahun 2002. Mira Lesmana ini merupakan anak dari tokoh music Jazz Indonesia ternama, Jack Lesmana dan penyanyi senior Indonesia era 60-an Nien Lesmana. Wanita kelahiran 8 Agustus 1964 ini juga merupakan kakak kandung dari pemusik ternama di Indonesia, Indra Lesmana sekaligus sebagai istri dari aktor film kawakan Mathias Muchus.

Di dunia perfilman Indonesia, wanita lulusan IKJ dikenal sebagai seorang producer film yang bertangan dingin. Tidak langsung terjun ke dunia film, namun Mira Lesmana ini justru memulai karirnya di dunia advertaising. Baru ketika tahun 1996, dirinnya mendirikan Miles Production yang menghasilkan film-film terbaik seperti Ada Apa Dengan Cinta, Petualangan Sherina, dan film Indonesia yang menjadi favorit yaitu Laskar Pelangi hingga Sang Pemimpi.

  • Dimas Djayadiningrat

Dimas Jay yang merupakan panggilan lengkap pria kelahiran 23 agustus 1973 merupakan salah satu sutradara film dan juga video clip musik Indonesia terkenal. Pria aberambut panjang ini memang sangat terkenal di dunia musik sebagai seorang sutradara video klip. Tentu sudah sangat banyak video musik yang dibuat dan banyak juga yang akhirnya meraih penghargaan di beberapa ajang penghargaan musik di Indonesia.

Namu tidak hanya di situ, Dimas Jay sendiri juga dikenal sebagai sutradara dan produser film yang berhasil menghasilkan film-film terbaik salah satu nya Tusuk Jelangkung yang menjadi fenomena genre film horor di Indonesia. Selait tusuk jelangkung, Dimas Jay juga sukses memproduseri beberapa film di antaranya Bangsal 13, 30 Hari Mencari Cinta, Cacatan Akhir Sekolah, dan Quicke Express bersama Joko Anwar.

  • Deddy Mizwar

Mungkin diantara ke empat sutradara dan producer film di atas, Deddy Mizwar merupakan yang paling senior dan telah lama berkecimpung di dunia perfilman Indonesia. Deddy Mizwar yang kini menjabat sebagai wakil Gubernur provinsi Jawa Barat juga seorang aktor kawakan sekaligus sutradara bahkan producer film di Indonesia. Bicara dunia perfilman Indonesia, Deddy Mizwar tentu kini telah mendirikan production house dengan nama PT Demi Gisela Citra Sinema. Hasil dari production house miliknya tersebut berhasil menghasilkan sebuah serial ramadhan yang sukses “Lorong Waktu” sebanyak 6 season berturut-turut.

Selain itu production house tersebut juga berhasil meluncurkan “Demi Masa”, “Kiamat Sudah Dekat” (baik film ataupu serial tv), film “Ketika”, “Nagabonar Jadi 2”, serial tv “Para Pencari Tuhan” yang kini masih selalu ditayangkan ketika bulan puasa tiba dan juga “Identitas” yangmeraih piala Citra sebagai film terbaik FFI 2009. Dari semua serial tv dan film dihasilkan tersebut, aktor senior ini bertindak sebagai produser sekaligus sutradara.

Terbayang bukan menjadi seorang producer dan sutradara butuh pengorbanan di semua hal, tidak hanya materi saja namun waktu dan seluruh pikiran akan terkuras habis. Namun lihat hasilnya, ke-empat tokoh ini bisa jadi panutan kita. Berminat jadi seorang producer atau sutradara film ? -apuy-

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

3 Comments

  1. Pingback: Film Ada Apa Dengan Cinta
    • Haii Mba Fitri,

      Terima kasih yah sudah mau mengunjungi dan membaca artikel yang saya tulis.
      Untuk cerita yang Mba miliki, mungkin bisa langsung saja di hubungi rumah produksi film yang ada dan Mba ajukan ceritanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *