0

Nutrisi Rambut Sehat dan Indah

Nutrisi Rambut Sehat dan IndahMedia Informasi Indonesia – Rambut adalah mahkota bagi setiap orang, baik wanita dan juga pria. Oleh karena itu, membuat rambut sehat dan indah maka dibutuhkan perawatan yang teratur. Selain perawatan, maka membuat rambut menjadi sehat dan indah adalah menggunakan vitamin perawatan rambut yang kaya akan nutrisi. Ini menjadi penting, karena rambut sama hal nya dengan rambut di mana kondisi rambut akan mencerminkan kesehatan tubuh kita.

Jenis Nutrisi dan Kandungan Untuk Rambut Sehat

Apalagi ketika rambut mengalami kerusakan misalnya rambut rontok, maka sangat perlu perawatan untuk bisa menghilangkan masalah tersebut. Sel-sel yang membentuk setiap helai rambut sangat membutuhkan nutrisi atau vitamin yang bagus dan teratur. Lalu apa saja Nutrisi Rambut Sehat dan Indah yang diperlukan oleh rambut untuk membuat lebih sehat dan indah :

  • Protein

Protein bagi rambut menjadi penting khususnya untuk membantu rambut menjadi lebih kuat dan sehat. Jika rambut kekurangan protein, maka rambut akan lebih cenderung kering dan muda rapuh. Protein bisa didapat dengan mengkonsumsi makanan yang terbuat dari daging hewan seperti ayam, kalkun, ikan, atau produk dari susu dan juga telur. Namun konsumsi kacang-kacangan pun bisa menjadi sumber protein yang bagus untuk tubuh dan rambut ( protein nabati).

Vitamin C akan bisa membantu dalam proses produksi kolagen yang akan membantu memperkuat kapiler yang memasok poros rambut sehingga rambut menjadi lebih kuat dan sehat.

  • Zat Besi

Zat besi juga merupakan nutrisi yang sangat penting dalam merawat rambut, sehingga rambut menjadi lebih indah dan sehat. Jika kekurangan zat besi tentu akan berdampak buruk baik bagi tubuh dan rambut. Untuk tubuh, jika kekurangan zat besi maka kita akan mengalami anemia di mana ini merupakan penyebab utama rambut rontok karena folikel rambut dan akar diberikan makan oleh suplai darah yang harus kaya akan nutrisi.

Ketika kekurangan zat besi, rambut akan mengganggu pasokan nutrisi ke folikel rambut, di mana ini akan mengakibatkan mengganggu pertumbuhan si rambut. Maka zat besi menjadi penting, dan untuk mendapatkan nya rajin nya konsumsi produk-produk hewani seperti daging merah, ayam, dan ikan memberikan zat besi dengan bioavailabilitas yang tinggi. Tidak hanya dari hewan, zat besi bisa didapat dari sayuran seperti kacang-kacangan, brokoli, bayam, dan sayuran berdaun hijau lainnya.

  • Omega-3

Omega 3 yang merupakan salah satu jenis asam lemak ternyata juga merupakan komponen nutrisi yang bagus untuk rambut. Omega-3 bisa ditemukan dalam sel-sel yang melapisi kulit kepala dan juga mampu menyediakan minyak untuk menjaga kulit kepala dan cocok untuk rambut yang mengalami dehidrasi.

Mendapatkan kandungan omega-3 ini bisa diperoleh dari ikan-ikan seperti salmon, herring, sarden, trout, dan makarel serta sumber lain seperti alpukat, biji labu, dan kenari. Konsumsi dengan rutin, maka tidak hanya tubuh menjadi sehat bahkan rambut pun akan menjadi lebih indah dan terawat.

  • Seng dan Selenium

Melindungi kulit kepala tentu akan melibatkan mineral penting lainnya terutama seng dan selenium. Jika kekurangan mineral ini, tentu akan bisa menyebabkan rambut menjadi rontok dan kering bahkan bisa membuat kulit kepala terkelupas. Konsumsi tiram, daging sapi, dan telur bisa membuat kebutuhan akan seng dan selenium akan terpenuhi.

Jika semua nutrisi ini bisa terpenuhi, maka rambut akan sehat dan lebih menawan. Jangan lupa untuk melakukan perawatan rutin sehingga kesehatan akan tetap terjaga. Nantikan informasi kecantikan lainnya, semoga bermanfaat!-apuy-

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *