0

PABX Error? Coba Periksa Beberapa Komponen Ini

Namanya alat, pasti suatu saat akan mengalami masalah termasuk juga PABX. Ketika Anda mengalami masalah ini, jangan terburu-buru membeli PABX baru tanpa melakukan pengecekan atas kerusakannya. Sebab meskipun yang akan Anda beli adalah PABX murah namun jika PABX lama Anda ternyata masih bisa diperbaiki tentu saja akan sayang, kan?

Service PABX Error

Jadi apa saja ya yang harus dicek saat PABX mengalami masalah?

  • Lampu indikator

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah lampu indikator menyala atau tidak. Gunakan multimeter untuk memeriksanya. Dengan menggunakan alat ini Anda bisa melakukan pengecekan aliran listrik dan mengukur tegangan listrik yang mengalir pada PABX. Jika PABX ternyata tidak mendapatkan aliran listrik, periksa bagian stop kontak yang digunakan oleh PABX, apakah stop kontak tersebut masih berfungsi atau tidak. Anda bisa menggunakan tespen untuk melakukan pengecekan atau Anda juga bisa mencoba menggunakan charger handphone. Jika stop kontak bermasalah, maka pindahkan sumber listrik PABX ke stop kontak lainnya. Namun jika stop kontak tidak bermasalah maka Anda bisa melanjutkan ke langkah selanjutnya.

  • Cek kabel

Listrik bisa tidak mengalir ke PABX jika terjadi masalah pada kabel yang menghantarkan listrik. Periksalah kabel tersebut apakah ada yang rusak ataupun putus. Anda juga bisa melakukan pemeriksaan kabel ini dengan mengganti kabel ini menggunakan kabel sejenis. Jika setelah kabel diganti listrik dapat mengalir lancar, artinya ada masalah pada listrik. Jika PABX yang Anda gunakan memakai baterai sebagai sumber listriknya, maka Anda bisa melepaskannya terlebih dahulu dan kemuduian memasangnya lagi. Sebab bisa saja baterai mengalami konsleting sehingga membuat aliran listrik bermasalah. Namun jika masih tidak ada aliran listrik juga maka segera hubungi teknisi.

  • Periksa manual

Jika lampu indikator berhasil menyala , maka Anda bisa mematikan kembali sumber listrik dan cobalah untuk melepaskan berbagai card dan modul yang sudah terpasang. Jangan lupa untuk memberikan label pada setap card dan modul sebelum melepasnya. Jika bukan berupa modul maka coba lepaskan RJ11 atau DDK dan jangan lupa untuk memberikan label juga sesuai dengan yang tertulis pada badan PABX. Masukkan salah satu modul atau RJ11 pada satu port dan kemudian periksa apakah intercom hidup. Jika ekstensi belum berfungsi, maka pindahkan ke port lainnya.

Jika cara di atas telah Anda lakukan namun masih belum bisa berfungsi, maka segera hubungi teknisi. Sebab mungkin saja PABX Anda mengalami masalah yang lebih serius sehingga membutuhkan ahlinya untuk memperbaikinya. (Vita)

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *