0

Pahami, Bukan Menghafal

Pahami, Bukan Menghafal“Wah besok ada ulangan,berarti malam ini harus belajar.”. Mungkin kita sering mengucapkan kalimat ini saat masih belajar bahasa Inggris SMA di sekolah, atau belajar mata pelajaran lainnya. Yah, sebenarnya bukan kita saja sih yang punya kebiasaan seperti itu menjelang ulangan, tapi juga sebagian besar siswa lainnya. Sistem belajar seperti ini, biasa disebut dengan SKS, atau sistem kebut semalam.

Mengapa mereka menggunakan SKS sebagai sistem belajarnya? Tentunya ada banyak alasannya. Ada yang bilang, “supaya gak lupa dengan materi yang baru dipelajari”, ada juga yang memang terbiasa dengan sistem ini, jadi tidak bisa jika belajar sejak jauh-jauh hari. Padahal, sebenarnya sistem belajar seperti ini itu jelas salah besar loh. Kenapa? Jawabannya sederhana, karena biasanya orang yang menggunakan sistem ini cenderung belajar dengan cara menghafal, bukan memahami.

Parahnya lagi, cara belajar menghafal ini tidak hanya berlaku untuk berbagai mata pelajaran yang bersifat teori saja yang memang harus kita hafalkan, tetapi juga untuk mata pelajaran eksakta seperti matematika atau fisika. Untuk beberapa pelajaran eksakta ini, biasanya kita akan menghafalkan rumus dan mencoba mengerjakan soal dengan rumus yang sudah dihafalkan. Supaya bisa benar-benar yakin, kita mungkin akan mengerjakan soal secara berulang.

Secara sepintas, cara ini terlihat berhasil. Tapi, bagaimana jika tiba-tiba kita menemukan soal yang jauh berbeda dari soal yang sudah pernah kita kerjakan. Meskipun rumus yang digunakan sama, namun mungkin kita harus melakukan sedikit perubahan dalam cara mengerjakan. Sayangnya, karena kita belajar dengan cara menghafal dan bukan memahami, maka kita akan merasa soal ini sangat sulit dan tidak mampu untuk mengerjakannya.

Hal yang berbeda akan kita alami jika kita memahami, dan bukan menghafalnya. Dengan memahami dengan baik penggunaan rumus, maka kita akan tetap bisa mengerjakan meskipun soalnya di otak-atik hingga sedemikian rupa. Cara belajar memahami ini, juga akan membuat kita mendapatkan nilai lebih baik jika diterapkan pada semua pelajaran, misalnya seperti pelajaran bahasa Inggris. Pahami dengan baik penulisan pola kalimat, dan bukan menghafalkannya. Pahami berbagai aturan penting dalam berbahasa Inggris, maka kita akan bisa menguasai bahasa Inggris dengan lebih baik, kapanpun kita butuhkan. (Vita)

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *