0

Pakai Software Penggajian, Semua Jadi Mudah dan Cepat!

Software Penggajian KaryawanInformasi Teknologi – Apakah kantor tempat Anda bekerja saat ini sudah menggunakan software penggajian untuk mendukung sistem payroll dalam melakukan pembayaran gaji karyawan setiap bulannya ? Apakah Anda sudah memahami kata “payroll” itu ? Dan apa manfaat dari sistem payroll tersebut ? Payroll sendiri berasal dari kata bahasa Inggris, di mana artinya adalah daftar gaji. Jadi untuk sistem payroll bisa diartikan sebagai sebuah sistem administrasi penggajian yang secara rutin dilakukan dan bagian penting untuk sebuah perusahaan yang punya karyawan.

Payroll sendiri memang sangat jelas, yaitu sistem yang membantu dalam mengatur, mengelola, menghitung, dan sekaligus membantu dalam menentukan gaji setiap karyawannya. Selain itu sistem payroll juga bisa untuk digunakan sebagai metode dalam perhitungan untuk pajak penghasilan setiap karyawannya (PPH21). Jadi, cukup rumit bukan sistem payroll tersebut dan bayangkan jika itu dilakukan dengan manual. Oleh karena ini, kini banyak tersedia software penggajian karyawan yang bisa digunakan untuk lebih mempermudah sistem payroll tersebut.

Software penggajian sendiri tercipta dari adanya perkembangan sebuah metode administrasi manual berubah ke sistem administrasi yang lebih praktis, mudah, cepat dan modern. Software penggajian membuat sistem payroll terkomputerisasi dalam bentuk sebuah aplikasi penggajian atau disebut program penggajian. Dengan penggunaan aplikasi penggajian karyawan ini sangat efisien dan juga menguntungkan untuk perusahaan. Sebuah perusahaan tentu tidak dapat berkembang jika tanpa didukung penuh oleh sistem administrasi yang memadai.

Oleh karena itu, penggunaan software penggajian karyawan ini harus bisa dimanfaatkan secara maksimal, sehingga bisa memberikan kepuasaan karyawan akan besaran jumlah gaji yang sesuai dengan kinerja karyawan itu sendiri. Adapun manfaat lainnya dari penggunaan software penggajian karyawan ini diantaranya seperti

  • Proses pencatatan detail mengenai rekap gaji setiap karyawan akan tersusun rapih dan sesuai dengan kinerja karyawan tersebut. Mulai record absensi, rincian lembur, uang makan dan beberapa komponen lain ada dalam perhitungan gaji akan lebih terinci.
  • Laporan tentang informasi gaji seluruh karyawan bisa diupdate secara berkala dan terlihat lebih detail. Hal ini juga menyangkut dalam pengambilan keputusan untuk kenaikan gaji yang akan diterima setiap tahunnya.
  • Adanya software penggajian karyawan ini, slip gaji yang digunakan sebagai bukti pemberian gaji pun akan lebih mudah dalam proses pencetakan. Selain itu pencarian data slip gaji pun akan lebih mudah dicari karena sudah ter-record dengan baik dalam aplikasi tersebut.
  • Mengurangi kesalahan dalam perhitungan gaji. Bisa saja terjadi kesalahan dalam proses perhitungan gaji dikarenakan masih menggunakan sistem manual dan komponen yang masuk dalam hitungan cukup banyak.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat yah! -apuy-

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *