0

Panduan Mencuci Pakaian

Panduan Mencuci PakaianKegiatan mencuci pakaian tentu pasti akan selalu dilakukan setiap hari. Dulu proses mencuci pakaian menggunakan papan gilesan, namun seiring perkembangan zaman dan teknologi kegiatan mencuci sudah semakin mudah dan cepat karena menggunakan mesin cuci. Namun banyak yang mengatakan bahwa tiada pekerjaan yang sulit dibandingkan mencuci pakaian. Jangan khawatir dan bingung, karena ada Panduan Mencuci Pakaian yang menjelaskan hal yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan ketika mencuci pakaian.

Harus Dilakukan Ketika Mencuci Pakaian

Jika menggunakan mesin cuci sebagai alat untuk mencuci pakaian, maka ada beberapa hal yang harus dilakukan ketika mencuci pakaian seperti

  • Cuci pakaian dengan menggunakan air dingin. Salah kaprah jika menggunakan air dingin, pakaian yang dicuci tidak bersih. Ada fitur di sebagian besar merk mesin cuci, di mana mesin cuci akan melarutkan detergen sebelum proses pencucian pakaian dimulai. Detergen akan lebih meresap ke kain pakaian jika dicampur dengan air, sehingga ini akan lebih mudah menghilangkan noda tanpa merusak pakaian tersebut. Nah hubungannya dengan air dingin, karena penggunaan air dingin akan membantu dalam penghematan biaya listrik yang akan dikeluarkan setiap bulannya.
  • Pengaturan kain haruslah benar. Pengaturan dalam mesin cuci tentu akan berbeda tergantung jenis kain yang akan dicuci. Bahan yang lembut tentu akan lebih cepat belel jika dicuci menggunakan pengaturan pencucian untuk handuk. Banyak merk dan jenis mesin cuci yang ada di pasaran memberikan berbagai macam pengaturan termasuk dalam pengaturan untuk jenis kain yang berbeda.
  • Selalu gunakan detergen untuk mempertahankan warna pakaian dan pemutih bukan klorin. Penggunaan detergen tentu akan membantu dalam mempertahankan dan menjaga warna tetap sama ketika pakaian tersebut pertama kali dibeli dan sekaligus untuk menghilangkan noda yang ada. Pemutih yang harus digunakan harus dengan bahan dasar klorin yang khusus digunakan untuk pakaian putih saja.
  • Pengeringan pakaian juga harus sesuai. Mesin cuci yang ada dipasaran memang lebih disukai jenis mesin cuci yang dilengkapi dengan mesin pengering. Mesin pengering ini mempunyai tabung yang berbeda dan biasanya pakaian yang akan dikeringkan akan diputar di dalam mesin pengering ini. Nah, untuk mesin pengering ini juga dilengkapi dengan tombol-tombol yang mengatur waktu proses pengeringan. Oleh karena itu usahakan untuk memisahkan jenis pakaian yang akan di keringkan. Karena mengeringkan pakaian yang salah tentu bisa merusak pakaian tersebut dan juga mesin pengering nya.
  • Segera jemur ketika pakaian selesai dikeringkan. Menjemur ini bisa membantu untuk mengurangi kusut pada pakaian, sehingga ketika akan disetrika maka lebih mudah dan tidak merusak kain. Terkadang bahan pakaian dapat mudah kusut ketika disetrika dengan setrika yang sangat panas. Itu dia terkadang kita tidak perlu menunggu setrika menjadi panas ketika akan menyetrika, padahal dengan panas yang sedang pun sudah bisa digunakan.

Yang Tidak Diperbolehkan Ketika Mencuci Pakaian

Selain ada beberapa hal yang memang harus dilakukan ketika mencuci pakaian, ada juga hal yang tidak diperbolehkan ketika cuci pakaian seperti :

  • Jangan banyak menggunakan detergen. Fakta nya menggunakan banyak detergen ketika mencuci tidak akan membuat pakaian menjadi lebih bersih malah justru menyebabkan masalah. Ini karena sabun bisa terperangkap di dalam kain, dan menjadikan pakaian menjadi kaku dan tidak akan awet. Selain boros, akibat lainnya, jika terlalu lama di dalam mesin maka akan mudah tumbuh lumut.
  • Jangan terlalu lama mengeringkan pakaian lebih lama yang waktu yang sudah ditentukan. Mengeringkan pakaian dalam waktu yang lama akan membuat kain menjadi lebih mudah berkerut dan merusak kain. Namun berbagai jenis kain yang dapat dikeringkan secara efektif menggunakan pengaturan yang lebih rendah, lebih aman dan lebih murah.

Itulah beberapa hal yang berkaitan dengan proses mencuci pakaian, semoga ini bisa membantu! -apuy-

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *