0

Pasca Melahirkan Anak Kembar, Ibu Perlu Tahu Ini!

Pasti sangat menyenangkan sekali jika mendapatkan kabar kehamilan kembar. Anda akan mulai membayangkan bagaimana ramainya rumah ketika dua bayi kembar lahir ke dunia. Namun, terlepas dari kebahagian tersebut, ada satu peringatan dari pakar kesehatan atau dokter ibu hamil. Hal ini tidak berkaitan dengan keluhan kesehatan saat hamil. Jika berbicara tentang keluhan kesehatan, tidak begitu berbeda antara hamil biasa dengan hamil bayi kembar.

Yang perlu dikhawatirkan adalah pasca melahirkan.

Kesehatan Paska Melahirkan Perlu Dijaga Secara Ekstra/u>

Tahukah Anda jika seorang wanita yang pernah hamil kembar rentan sekali terkena penyakit diabetes tipe 2? Hal ini berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para pakar kesehatan ibu hamil. Sekilas tentang diabetes tipe 2. Ini merupakan penyakit di mana hormon insulin berkurang sehingga produksi gula dalam darah tidak terkendali.

Pasca Melahirkan Anak Kembar

Sayangnya, kebanyakan penderita diabetes tipe 2 ini tidak menyadari hal tersebut. Mereka merasa sehat. Begitu juga dengan seorang ibu paska melahirkan bayi kembar. Karena itulah, seorang ibu yang melahirkan bayi kembar sebaiknya melakukan konsultasi serta pengecekan medis secara rutin untuk memastikan tidak ada resiko mengalami diabetes tipe 2.

Sebenarnya, resiko terkena diabetes itu sudah mulai muncul ketika bayi kembar masih ada di dalam kandungan. Hanya saja, resiko tersebut akan hilang seiring dengan kondisi kesehatan seorang ibu hamil bayi kembar semakin baik ketika ia menjaga asupan gizinya selama masa kehamilan.

Yang dikhawatirkan adalah paska melahirkan. Hal ini disebabkan kebanyakan ibu paska melahirkan sudah tidak begitu menghiraukan dengan menu makanan yang ia konsumsi.

Diabetes Tidak Bisa Disembuhkan

Kabar buruknya adalah tidak ada obat yang bisa menyembuhkan penderita diabetes. Jadi, tidak ada cara lain selain melakukan deteksi dini. Deteksi dini ini hanya bisa dilakukan dengan cara selalu memeriksakan kesehatan secara rutin dengan dokter selama kehamilan dan juga paska melahirkan.

Selain itu, seorang ibu yang hamil bayi kembar harus menyadari bahwasanya ia beresiko terkena diabetes. Dengan kesadaran tersebut, diharapkan ia benar-benar memperhatikan makanan yang dikonsumsi setiap hari. Karena diabetes ini disebabkan kadar gula yang naik, maka bantuan secara medis yang bisa dilakukan adalah mengkonsumsi obat yang bisa mengendalikan gula darah. Ini tindakan medis yang biasanya dilakukan oleh dokter.

Semoga saja hal buruk ini tidak terjadi. Dengan memahami informasi yang satu ini, diharapkan tidak ada ibu hamil kembar yang mengalami diabetes tipe 2.

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *