0

Penggunaan AC Haruslah Benar!

ACAir Conditioner yang biasa disebut dengan AC ini merupakan perangkat elektronik yang sudah harus dimiliki sebuah rumah. Dengan Air Conditioner ini, maka udara di dalam rumah akan terasa lebih sejuk dan membuat semua anggota keluarga merasa kenyamanan ketika berada di dalam rumah. Maka dari itu, kini AC sudah mudah ditemukan setiap rumah di Jakarta.

Cara Penggunaan AC

Kebanyakan orang hanya tahu menggunakan AC saja, tanpa pernah tahu apa saja perawatan yang mesti dilakukan untuk membuat air conditioner atau AC menjadi lebih tahan lama. Salah satu perawatan AC adalah dengan cara menggunakan AC yang benar, dengan kata lain Penggunaan AC Haruslah Benar! Untuk membuat kinerja AC akan lebih maksimal.

  • Biasa kan sebelum menyalakan ac untuk menutup semua ventilasi seperti jendela dan pintu. Sehingga udara luar tidak ikut masuk dan dengan ini kita dapat merasakan sekaligus menikmati udara sejuk yang dihasilkan oleh ac ini lebih optimal. Sebaliknya, jika ac sudah dimatikan maka segera buka kembali ventilasi tersebut untuk membantu proses pergantian udara menjadi lebih cepat.
  • Perawatan ringan seperti melakukan pembersihan terhadap perangkat ac ini harus dilakukan serutin mungkin. Namun ini tergantung pada tempat peletakkan ac itu sendiri, seperti jika ac ditaru pada tempat yang berdebu maka pembersihan minimal bisa dilakukan 2 minggu sekali. Akan tetapi jika ac hanya ditempatkan di ruangan yang jarang berdebu, maka membersihkan ac bisa dilakukan minimal 1-2 bulan sekali.
  • Utamakan untuk lebih memperhatikan perawatan pada bagian filter ac karena ini merupakan perangkat vital dari sebuah ac. Tidak lupa juga untuk membersihkan freon pada ac, seperti periksa apakah masih terisi penuh, kocong atau bahkan bocor. Pemeriksaan ini minimal bisa dilakukan 6 bulan sekali dan bisa dilakukan sendiri. Namun jika tidak bisa, maka segera hubungi service center resmi terdekat untuk membantu membersihkannya.
  • Ketika membeli, pastikan sesuaikan ukuran ruangan dengan model ac. Sehingga bisa sesuai, tidak kekecilan maupun kebesaran. Misalnya untuk ruang kamar, kita bisa gunakan ukuran AC mulai dari ½ sampai 1 PK. Untuk ruang tamu, kita bisa pergunakan ac dengan ukuran mulai dari 1,5 – 3 PK.
  • Cari informasi selengkap mungkin sebelum membeli perangkat AC. Pilihlah ac yang hemat listrik, terjamin garansi dan sudah terpercaya dengan layanan service yang memadai.

Semoga dengan beberapa artikel informasi mengenai beberapa cara penggunaan ac di atas bisa bermanfaat untuk mengoptimalkan fungsi dari air conditioner (ac) yang kita miliki. -apuy-

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *