1

Pentingnya Motivasi Untuk Belajar Bahasa Inggris Cepat

Pentingnya Motivasi Untuk Belajar Bahasa Inggris CepatBanyak orang yang sering menyebutkan kata motivasi. Motivasi ini juga dianggap penting untuk meningkatkan semangat kita untuk mempelajari berbagai hal, seperti dapat membantu kita untuk belajar bahasa Inggris cepat. Banyak masyarakat yang menilai bahwa seseorang yang memiliki motivasi dari diri sendiri, akan lebih mudah dalam mempelajari bahasa inggris bila dibandingkan dengan yang tidak memiliki motivasi. Bahkan, untuk meningkatkan motivasi seseorang banyak juga orang yang berprofesi sebagai motivator. Lalu, sebenarnya apa sih arti motivasi ini? Dan seberapa penting motivasi ini mempengaruhi kita dalam mempelajari bahasa inggris?

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) motivasi adalah dorongan yang timbul pada diri seseorang secara sadar atau tidak sadar untuk melakukan suatu tindakan dengan tujuan tertentu. Sementara, motivator adalah orang yang menyebabkan timbulnya motivasi pada orang lain untuk melaksanakan sesuatu; pendorong; penggerak. Seorang motivator akan mampu untuk mendorong seseorang yang sebelumnya tidak memiliki motivasi, untuk mampu bergerak dan melakukan sesuatu. Dalam dunia pendidikan sendiri, motivasi sangat penting dan memang sangat berpengaruh pada semangat seorang siswa mempelajari suatu hal, termasuk dalam mempelajari bahasa inggris.

Mempelajari bahasa kedua bukanlah hal yang mudah bagi sebagian orang. Karena kita sudah terbiasa menggunakan bahasa indonesia sebagai bahasa sehari-hari, maka hal ini akan menjadi sulit. Namun, bagi seseorang yang memiliki motivasi untuk memahami bahasa baru yang sedang dipelajarinya, mereka cenderung akan berusaha untuk belajar lebih giat agar dapat segera mengerti bahasa baru tersebut. Bahkan, mereka juga tidak merasa masalah jika mereka harus belajar di luar jam pelajaran formalnya. Apalagi, jika bahasa kedua yang dipilih adalah bahasa inggris. Ada banyak sekali media pendukung yang bisa digunakan untuk mempelajari bahasa ini. Misalnya saja, buku-buku yang menggunakan bahasa inggris, film, dan berbagai hal lainnya.

Berbeda dengan orang yang tidak memiliki motivasi, mereka akan cenderung pasif dan tidak bersemangat. Biasanya, mereka mempelajari bahasa ini hanya karena disuruh dan bukan atas keinginan sendiri. Bahkan, mereka tetap akan cenderung pasif meskipun mereka belum memahami materi yang diajarkan (tidak berusaha bertanya pada guru). Selain itu, mereka juga hanya akan belajar ketika berada di dalam kelas tanpa berusaha untuk belajar sendiri. Karena itulah, umumnya mereka lebih lama untuk memahami bahasa inggris dibandingkan dengan seseorang yang memang termotivasi untuk belajar bahasa inggris. (Yv)

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *