0

Penyebab Ketidakpuasan Konsumen Online Shop

belanja onlineBerbelanja online sudah menjadi hal yang umum dilakukan masyarakat. Tanpa perlu bersusah-susah menuju suatu lokasi, cukup dengan memanfaatkan internet Kendal saja mereka sudah mendapatkan barang yang mereka butuhkan. Pakaian merupakan salah satu barang yang paling sering dibeli secara online. Apalagi, banyak toko yang berani menawarkan barang dengan harga yang lebih murah membuat mereka semakin menyukai belanja secara online. Hal ini wajar saja, karena pemilik toko online tidak perlu membayar biaya sewa toko sehingga mereka bisa memberikan harga yang lebih murah. Meskipun konsumen harus membayar biaya kirim (ongkos kirim), namun hal ini bukanlah menjadi sebuah kendala. Biasanya, konsumen membeli beberapa barang sekaligus dari toko yang sama, agar ongkos kirim yang dibayarkan terasa lebih hemat.

Meskipun memiliki banyak keuntungan, namun tetap saja ada beberapa hal yang terkadang merasa kecewa saat belanja online. Hal ini, bisa disebabkan dari pihak internal toko, jasa logistik ataupun dari konsumen sendiri. Berikut ini adalah beberapa penyebabnya :

  • Online Shop

Konsumen hanya memilih barang yang ingin dibelinya berdasarkan foto yang di upload oleh online shop. Saat online shop memasang foto yang berbeda dengan barang yang dijualnya, tentu saja ini akan menimbulkan kekecewaan pada konsumen saat menerima barang yang dibelinya. Biasanya, ini terjadi pada produk yang berasal dari luar negeri. Online shop hanya mengambil fotonya saja, dan berusaha untuk memproduksi barang sejenis tersebut. Namun, saat memasarkan online shop memasang foto aslinya, dan bukan foto hasil produksinya sendiri.

  • Jasa logistik

Pengiriman yang lama sampai ke tangan konsumen juga akan membuat konsumen merasa kecewa. Apalagi, jika baju yang dibelinya tersebut adalah baju yang sudah direncanakan untuk digunakan dalam waktu dekat. Karena itulah, penting bagi online shop untuk menggunakan perusahaan jasa logistik yang profesional dan dapat dipercaya.

  • Konsumen

Ingatlah bahwa bentuk tubuh yang dimiliki oleh setiap orang berbeda. Banyak konsumen yang merasa tertipu saat menerima baju yang tidak sesuai dengan harapannya. Baju tersebut terlihat berbeda saat digunakan oleh konsumen bila dibandingkan dengan yang dilihatnya pada foto. Padahal, terkadang perbedaan ini terjadi karena bentuk tubuh konsumen dan model pada foto yang memang berbeda. Karena itulah, sebelum membeli sebaiknya perhatikan baik-baik terlebih dahulu apakah baju tersebut akan bagus kita kenakan atau tidak. (Yv)

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *