0

Peran Guru Dalam Belajar Bahasa Inggris SMA

Guru Mengajar Belajar Bahasa InggrisMeskipun tidak menguasai bahasa inggris dengan baik, namun setidaknya sebagian besar murid SMA di Indonesia sudah memahami dasar-dasar dari bahasa ini. Hal ini wajar, karena pelajaran bahasa inggris secara umum sudah menjadi pelajaran wajib sejak masih di sekolah dasar. Bahkan, banyak yang sudah mulai mempelajari bahasa inggris ini sejak masih berusia dini. Karena itulah, materi belajar bahasa inggris untuk SMA biasanya berisi tentang materi untuk pelajaran lanjutan, dan tidak lagi membahas materi dasar bahasa inggris.

Pengetahuan bahasa inggris yang tidak lagi sama antar siswa di dalam kelas, terkadang membuat proses belajar mengajar menjadi sedikit bermasalah. Siswa yang sudah memahami bahasa inggris dengan baik, terkadang akan merasa bosan jika harus mengulang materi yang sudah dipahaminya. Sementara, siswa yang belum mengerti akan merasa bingung jika harus mempelajari bahasa inggris secara cepat. Nah, di sinilah peran guru sangatlah dibutuhkan, agar kedua tipe siswa yang berbeda ini dapat saling bekerjasama dengan baik. Berikut ini, adalah beberapa hal yang bisa dilakukan oleh guru untuk membuat suasana belajar semakin menyenangkan bagi kedua tipe siswa ini :

  • Pahami kemampuan setiap siswa, dan ketahuilah kelemahan masing-masing siswa. Dengan begini, guru akan bisa lebih bisa membimbing siswa untuk memahami materi yang menjadi kelemahannya.
  • Bentuklah kelompok yang terdiri dari beberapa orang. Gabungkanlah siswa yang sudah memahami bahasa inggris dengan baik dengan siswa yang masih belum memahami bahasa ini. Mintalah siswa yang sudah paham tersebut untuk membantu temannya ketika mengalami kesulitan, namun tetap dalam pengawasan guru.
  • Aktiflah mengajak siswa yang belum mengerti bahasa ini untuk terlibat dalam pelajaran di kelas. Jika ia melakukan kesalahan, maka bantulah untuk memperbaiki kesalahannya tersebut, tanpa sedikitpun merendahkannya. Selalu dukung murid tersebut agar terus bersemangat untuk belajar.
  • Terapkanlah pola mengajar yang menyenangkan dan jangan terlalu serius. Cara mengajar yang terlalu serius akan membuat siswa merasa bosan, mengantuk, dan tidak dapat menyerap materi dengan baik. Meminta siswa untuk membuat sebuah karangan bebas dengan bahasa inggris, dan kemudian membacakannya di depan kelas sebagai salah satu variasi metode mengajar. (Yv)

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *