0

Pertimbangkan Hal Ini Ketika Memasang Solar Water Heater

Pemanas AirJika dulu pemanas air atau water heater adalah fasilitas mewah yang hanya bisa dinikmati oleh sebagian orang di tempat-tempat tertentu, kini pemanas air bisa dinikmati oleh siapa saja dan di mana saja. Sebab, pemanas air kini semakin mudah untuk difungsikan dan bisa dioperasikan di rumah-rumah warga. Tingginya tingkat kebutuhan masyarakat untuk menikmati air panas di saat-saat tertentu membuat mereka memutuskan untuk memasang pemanas air di rumah. Pemanas air pun banyak jenisnya, namun hanya ada satu jenis water heater yang marak digunakan oleh masyarakat yakni solar water heater. Kemudahan, keamanan, dan rendahnya tingkat penggunaan listrik menjadi salah satu alasan mengapa pemanas air tenaga surya digandrungi banyak peminat.

Nah, jika Anda tengah mempertimbangkan untuk memasang solar water heater di rumah, ada baiknya Anda mulai memperhatikan poin-poin di bawah ini. Di antaranya adalah :

  • Pilih lokasi pemasangan solar water heater. Saat hendak memasang alat pemanas air tenaga surya, wajib hukumnya untuk menentukan lokasi pemasangan yang tepat. Pilihlah lokasi yang bebas dan bersih dari bayangan pohon atau gedung sehingga tidak menghalangi penyerapan sinar matahari. Pasalnya, jika ada bayangan yang menghalangi panel surya, maka pemanas air tidak akan berjalan dengan maksimal.
  • Tentukan arah orientasi matahari. Setelah mendapatkan lokasi yang tepat, dalam artian tidak terhalang apa pun, sekarang yang harus Anda lakukan adalah mencari arah orientasi matahari. Di mana tempat yang selalu terkena sinar matahari sepanjang hari? Jika tidak ada, cobalah lakukan perhitungan kapan penggunaan air paling banyak digunakan? Pada pagi hari kah? Atau pada sore hari? Hal ini juga bisa membantu Anda untuk menentukan posisi yang tepat dengan mengikuti arah sinar matahari.
  • Terakhir, Anda tinggal menentukan sudut kemiringan panel suryanya. Hal ini bisa dilakukan dengan menentukan di mana titik sinar matahari tepat menyinari bumi. Fungsinya adalah untuk memaksimalkan sinar matahari agar bisa bermanfaat dalam menyokong kebutuhan energi saat memanaskan air.

Setelah mengetahui poin-poin pertimbangan di atas, Anda tinggal menghubungi teknisi untuk berdiskusi mengenai pemasangan lebih lanjut dan menentukan solar water heater jenis apa yang ingin Anda gunakan. Selamat mencoba! (TR)

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *