0

Pesona Museum Batik Danar Hadi Solo

Batik sudah sejak lama menjadi identitas berbusana bangsa Indonesia. Batik juga dinobatkan menjadi cultural heritage oleh UNESCO, lembaga PBB yang bergerak dalam bidang budaya dan pendidikan. Salah sebenarnya batik merupakan salah satu kain corak khas Indonesia yang diproduksi masyarakat Jawa. Ada banyak kain corak di daerah lain yang juga tak kalah cantik. Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang warisan budaya melalui museum Batik Danar Hadi di Solo. Dan tentunya, untuk mengunjunginya bersama keluarga akan lebih menyenangkan jika Anda sudah menggunakan jasa sewa mobil di Solo Jawa Tengah. Peta Gmaps : https://goo.gl/maps/N5Mgu3Fpk9Q2

Museum Batik Danar Hari Solo

Museum Batik Danar Hadi terletak di kompleks cagar budaya yang dinamakan Ndalem Wuryodiningratan. Ndalem ini dulunya adalah tempat tinggal pangeran yang merupakan cucu dari Sri Susuhunan Pakubuwono IX yang bernama Raden Wuryaningrat. Raden Wuryaningrat sendiri merupakan pejuang kemerdekaan dan anggota dari BPUPKI. Ndalem Wuryaningratan ini dibangun dengan gaya arsitektur kombinasi Eropa-Jawa.

Museum Batik Danar Hadi Solo

Selama beberapa puluh tahun, bangunan ini terbengkalai, hingga pada tahun 1999 dibeli oleh PT Danar Hadi untuk kemudian dijadikan bangunan serbaguna. Jika Anda berkunjung ke Museum Batik Danar Hadi menggunakan jasa sewa mobil di Solo , ada beberapa hal yang bisa Anda nikmati disana, diantaranya adalah:

  1. Kokeksi batik museum

Sebagai salah satu cagar budaya yang mengakomodasi warisan budaya, museum Batik Danar Hadi memiliki sejumlah koleksi, diantaranya kain batik dengan berbagai corak. Sekedar informasi, koleksi batik di museum ini berjumlah 10.000 lembar, dan merupakan salah satu museum batik dengan jumlah koleksi terbanyak. Akibat dari banyaknya koleksi ini, museum Batik Danar Hadi menerima penghargaan rekor MURI sebagai museum dengan koleksi batik terbanyak. Pengunjung bisa menikmati dan melihat corak batik di museum ini. Beberapa corak batik banyak ditiru untuk tujuan komersial dan Anda bisa mendapatkan corak yang sama di toko batik terdekat di Solo. Meski demikian, corak batik di museum Danar Hadi lah yang dianggap asli buatan era tertentu. Bahkan ada batik yang dibuat pada zaman penjajahan Belanda, oleh orang Belanda yang tinggal di Solo pada waktu itu.

  1. Kafe soga

Jika Anda berkunjung ke museum Danar Hadi di Solo dengan sewa mobil di Solo, Anda akan menikmati keindahan warisan budaya berupa koleksi batik di Museum Danar Hadi. Selain itu, tidak jauh dari museum, terdapat kafe Soga yang menawarkan sajian kuliner tradisional khas Solo. Sembari Anda menikmati rangkaian tour museum Batik Danar Hadi, Anda juga bisa beristirahat sejenak bersama keluarga menikmati atmosfer ala Kraton Kasunanan dalam balutan bangunan tempo doeloe. Tidak lupa, kafe Soga menawarkan hidangan kontemporer yang beragam selain makanan dan minuman khas Solo. Kemungkinan Anda akan terbawa suasana Jawa pada era kolonial. Komplek bangunan Ndalem yang khas menunjukkan betapa lingkup Kraton Solo menjaga warisan leluhur hingga awet hingga ratusan tahun.

Berkunjung ke museum Batik Danar Hadi Solo rasanya kurang bila Anda belum menggunakan jasa rental mobil di Solo . Untuk menyewa mobil dengan harga terjangkau, Anda bisa dengan mudah mendapatkannya melalui situs persewaan mobil terpercaya yaitu docar.co.id. Melalui situs ini, Anda bisa mendapatkan penawaran sewa dengan harga sangat terjangkau, yaitu Rp 300.000 untuk 24jam pemakaian. Akan lebih nikmat bila Anda juga membawa sanak famili dari luar kota menikmati keindahan arsitektur campuran antara Eropa Jawa. Selamat berwisata.

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *