0

Pilih Tinggal di Bandung atau Bali? Cermati Faktor Berikut!

Pernah punya keinginan untuk tinggal Bandung atau Bali? Perubahan besar dalam industri properti Indonesia termasuk untuk kota Bandung dan Bali kian pesat dan terus berkembang. Kini untuk mereka yang ingin mencari properti baik di Jakarta ataupun di luar Jakarta sudah lebih mudah. Ini juga berlaku untuk Anda yang lebih memilih untuk tinggal di Bandung ataupun Bali hingga seluruh Indonesia. Nah, selain harga tentu ada banyak faktor yang mesti diperhatikan setiap calon pembeli salah satu yang terpenting adalah tingkat keamanannya.

RumahTingkat keamanan sendiri terbilang faktor penting karena berdasarkan hasil sebuah survei, khusus untuk wilayah Bandung merupakan salah satu kota yang aman ketimbang Bali. Angkat tindak kriminal yang terjadi di Bandung 45,59% berbanding terbalik dengan Bali dengan persentase 50,89%. Meskipun demikian, setiap masyarakat masih khawatir adanya tindak kriminal seperti pembobolan dan pencurian rumah di dua wilayah tersebut.

Justru ketakutan dan kekhawatiran masyarakat akan tindak kejahatan tersebut justru lebih besar di Bandung daripada Bali dengan skor yang lumayan signifikan, di mana Bandung dapat skor 60,94 sedang Bali skornya hanya 50. Meskipun begitu, angka ini terbilang lumayan, sebab itulah belum ada yang berani membangun rumah yang terbuat dari kaca seperti rumah transparan di Jepang.

Selain tingkat keamanan yang harus dibandingkan, tingkat korupsi juga menjadi perhatian yang cukup tinggi untuk Bandung dan Bali dengan skor sebesar 75%. Survei tersebut juga mengungkapkan bahwa tinggal di Bali dinilai jauh lebih mahal daripada Bandung dan juga Jakarta yang notabennya kota metropolitan. Mungkin dikarenakan Bali merupakan kota wisata yang banyak mendatangkan wisatawan asing. Untuk penjualan properti di Bali memiliki rasio 28:46 sedangkan Bandung hanya 23:43.

Harga untuk setiap properti di Bandung atau Bali jelas akan berbeda. Untuk memiliki apartemen saja, Anda harus mengeluarkan budget sebesar Rp 19.000.000 per meter persegi (m2) demi mendapatkan apartemen di pusat kota Bali. Sedangkan Bandung, ini justru lebih tinggi loh sebesar 18% atau sekitar Rp 22.500.000 per meter persegi untuk sebuah apartemen saja. Itu hanya untuk sebuah apartemen loh, bagaimana dengan jika ingin memiliki sebuah rumah?

Bagaimana setelah membaca artikel di atas? Berminat untuk tinggal di Bandung atau Bali? Semoga artikel informasi ini bermanfaat yah! -apuy-

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *