0

Prosedur Berobat dengan Dokter Singapura

Sudah hal yang umum, bahwa orang-orang Indonesia lebih memilih berkonsultasi dengan dokter Singapura dan berobat di rumah sakit di negara Singa tersebut. Bahkan banyak seleb atau orang-orang penting di Indonesia yang justru lebih memilih berobat ke Singapura dibandingkan di dalam negeri. Hal ini telah menjadi sebuah kebiasaan khususnya para seleb dan orang penting di Indonesia. Ini tentu membuat Pemerintah Indonesia kini tengah mengkaji penyebab kebiasaan ini terus berlangsung.

Memang banyak alasan terutama alasan pelayanan dan alat medis yang digunakan lebih baik daripada rumah sakit yang ada di Indonesia. Bahkan dari segi biaya pun, pengobatan di rumah sakit Singapura ternyata lebih murah, ditambah kini telah dihapuskannya pajak piskal sehingga tidak perlu lagi mengurus visa ketika ingin bertolak ke luar negeri. Namun untuk berobat di rumah sakit Singapura, ada beberapa Prosedur Berobat dengan Dokter Singapura yaitu :

Minta referensi atau rujukan

Minta referensi atau rujukan terlebih dahulu dari dokter yang lebih dulu merawat kesehatan Anda. Biasanya referensi atau rujukan ini berupa surat keterangan yang merinci beberapa hal, antara lain :

  • Kondisi kesehatan yang patut untuk diperhatikan.
  • Riwayat akan kesehatan Anda.
  • Jenis obat yang digunakan selama ini.
  • Catatan kesehatan atau medical record yang terkait dengan kesehatan Anda.

Dokter

Jika memungkinkan, minta juga surat rujukan secara langsung untuk dokter Singapura yang memang spesialis dalam menangani penyakit yang diderita. Misalnya saja untuk penyakit kanker, di mana Peran Dokter Penyakit Dalam untuk Mengatasi Kanker sangat dibutuhkan. Untuk hal ini, biasanya dokter-dokter di Indonesia yang sudah berpengalaman akan merekomendasikan nama-nama dokter Singapura spesialis yang memang sudah terkenal bagus dalam pelayanannya.

Cari rumah sakit Singapura

Sudah umum, jika ingin berobat ke rumah sakit Singapura maka di samping cari dokter spesialis yang bagus cari juga rumah sakit Singapura yang memberikan pelayanan terbaik. Jika bingung, maka cari saja rumah sakit spesialis di Singapura yang sesuai dengan penyakit yang di derita saat ini. Pastikan untuk masalah rumah sakit Singapura, pastikan ini juga mendapat rekomendasi dari dokter yang menangani Anda selama ini.

Daftar manual atau online

Setelah menemukan rumah sakit Singapura yang akan membantu dalam melakukan pengobatan terhadap penyakit Anda, maka segeralah daftarkan diri melalui layanan Pusat Informasi Pasien Internasional Singapura. Layanan pusat informasi ini biasanya ada dan disediakan di setiap rumah sakit di Singapura. Bahkan beberapa rumah sakit Singapura pun kini telah menyediakan layanan pendaftaran online untuk memberikan kemudahan proses pendaftaran pasien yang berasal dari luar Singapura.

Pastikan jadwal konsultasi

Pastikan jadwal konsultasi dengan dokter Singapura yang nanti akan menangani pengobatan Anda. Untuk itu, pastikan komunikasi dengan dokter Anda terjalin dengan baik sehingga rangkaian proses pengobatan mulai dari jadwal konsultasi dan pengobatan penyakit Anda bisa berjalan dengan lancar.

Carilah penginapan untuk keluarga yang menemani Anda selama di Singapura

Ada baiknya juga memesan penginapan untuk keluarga yang menemani Anda selama pengobatan di Singapura. Jangan khawatir untuk tidak menemukan penginapan murah di Singapura, karena di Singapura terdapat penginapan yang bisa disewakan dengan harga terjangkau, dan lokasinya dekat dengan rumah sakit Singapura. Proses pembayarannya pun bisa dilakukan secara harian atau bulanan, namun ini tergantung berapa lama Anda berada di rumah sakit.

Jika menginginkan kenyamanan, ada juga hotel-hotel yang bekerja sama dengan pihak rumah sakit. Namun memang untuk hotel yang bekerja sama dengan rumah sakit, tentu harga menginap semalamnya akan lebih mahal.

Gunakan jasa pelayanan medis di Singapura

Jika Anda terlalu sibuk untuk mengurusi semua prosedur-prosedur yang ada, maka ada jasa atau agen pelayanan medis di Singapura untuk mempermudah dalam proses berobat di Singapura. Mulai dari proses urus dokumen, daftar ke rumah sakit, hingga penyewaan penginapan sekaligus tiket pesawat pun bisa dibantu dengan jasa atau agen ini.

Cukup mudah bukan prosedur yang harus dilengkapi jika ingin berobat ke Singapura ? Semoga ini bermanfaat! -apuy-

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *