1

Ragam Motif Batik Terbaik dari Indonesia

Batik sudah menjadi identitas Indonesia. Ia adalah salah satu warisan budaya yang tidak lekang oleh perkembangan jaman yang semakin modern seperti sekarang ini. Bahkan batik terbaik Indonesia sudah sangat mendunia. Siapapun yang datang ke Indonesia, seperti misalnya utusan kenegaraan maka biasanya diberikan batik untuk dikenakan dengan bangga.

Banyak dari wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia menjadikan batik sebagai oleh-oleh saat kembali ka negara asal. Ini tidak lain karena batik Indonesia sudah diakui di mata dunia. Kini tidak hanya orangtua saja yang gemar memakai batik. Generasi milenial pun tidak jarang mengenakan batik dikesehariannya. Bahkan batik tidak hanya dalam bentuk pakaian saja.

Motif Batik Terbaik Indonesia

Batik sudah banyak melakukan inovasi dan diaplikasikan untuk dijadikan jenis barang lainnya dan produk batik modern yang banyak disukai diantaranya seperti tas, sepatu, sejadah, dll sehingga menjadi produk batik unggulan baru. Berikut adalah beberapa motif batik terbaik yang dimiliki Indonesia:

  • Batik Solo adalah salah satu motif batik terbaik Indonesia sejak dulu hingga sekarang. Batik Solo disebut juga dengan batik Sogan. Ciri khas dari batik ini ialah warnanya yang didominasi kecoklatan. Motif khasnya berupa gelombang sungai Bengawan Solo.
  • Batik Tasik juga sudah sangat populer sebagai salah satu motif batik terbaik Indonesia. Umumnya batik Tasik didominasi motif rerumputan, fauna, serta aspek alam lainnya. Warna yang banyak digunakan ialah biru, coklat, juga merah padam.
  • Batik Pekalongan terkenal dengan motifnya yang unik dan tidak bosan dilihat. Motifnya dipengaruhi unsur-unsur kebudayaan luar karena Pekalongan sendiri adalah lokasi perdagangan yang strategis. Motif batik Pekalongan didominasi unsur alam sepeti fauna dan tumbuh-tumbuhan dengan warna yang beragam.
  • Batik Cirebon terkenal dengan motif mega mendungnya. Batik ini didominasi oleh motif awan dengan pewarnaan menggunakan teknik gradasi. Warna-warna yang dipakai biasanya biru, merah, hijau, dsb.

Itulah beberapa motif batik terbaik Indonesia yang sudah sangat populer baik di masyarakat lokal maupun mancanegara. Setiap batik memiliki motif yang khas sesuai budaya asalnya. Inilah yang membuat batik Indonesia begitu menarik dan beragam. Ini pula yang memicu ketertarikan orang asing terhadap batik yang begitu otentik.

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *