0

Rawat Solar Water Heater agar Awet

Solar Water Heater Agar AwetMenggunakan Solar Water Heater memang menjadi pilihan banyak orang dibandingkan dengan menggunakan water heater jenis lainnya. Hal ini dikarenakan biaya yang akan dikeluarkan pada penggunanya akan lebih hemat dibanding menggunakan sumber panas gas ataupun listrik yang memerlukan biaya setiap kali pemakaian. Pada WH jenis ini konsumen akan dibebankan biaya cukup mahal pada awal pemasangan namun biaya yang harus dikeluarkan selanjutnya lebih hemat.

Menggunakan water heater memang sangat praktis terutama bagi seseorang dengan tingkat aktivitas yang tinggi, sehingga seringkali merasa malas jika harus memasak air terlebih dahulu setiap akan mandi dengan air hangat. Dan pasti akan sangat menjengkelkan ketika kita sudah membayangkan begitu sampai dirumah bisa mandi dengan air hangat menggunakan water heater, tapi tidak bisa terealisasi karena ternyata water heater milik kita rusak.

Sebaik apapun dan semahal apapun solar water heater yang kita beli, jika kita tidak tahu dan tidak melakukan perawatan tetap saja akan mengalami kerusakan. Karena itulah penting bagi pemilik solar water heater untuk mengetahui dan melakukan perawatan terhadap alat ini. Berikut ini adalah beberapa cara perawatan yang bisa dilakukan agar water heater tidak mudah rusak :

  • Lakukan Pengecekan Secara Berkala. Pada pengecekan berkala antara 1 atau 2 Bulan, ada beberapa hal yang perlu dilakukan, yaitu pastikan bahwa semua unit dapat bekerja dengan baik, dan bersihkan semua debu yang menempel pada unit. Debu yang terlalu tebal dapat mengganggu kinerja mesin.
  • Periksa semua koneksi apakah bekerja dengan sempurna. Pastikan bahwa tidak ada kebocoran pada koneksi tersebut.
  • Bagian luar panel konektor sebaiknya bersihkan dengan sabun atau larutan pembersih kaca, setelah itu bilas dan keringkan.
  • Rawat bagian dalam dengan membersihkan kerak-kerak yang berada didalam alat. Hal yang perlu diperhatikan adalah jangan membersihkan alur-alur panel konektor dengan larutan pembersih bersifat asam karena dapat mengakibatkan kerusakan.
  • Setiap 6 bulan sampai 1 tahun lakukan juga pengecekan, antara lain memeriksa pompa control air suplai apakah dapat bekerja secara maksimal.
  • Periksa semua instalasi pipa serta beberapa bagian lainnya.

Jadi, tidak hanya menggunakan saja namun perawatan harus bisa dilakukan sehingga bisa menghemat pengeluaran. Meskipun memang setiap barang punya masa penggunaannya. Yv

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *