0

Sanghyang Tikoro, Goa Misterius di Bandung

Goa Sanghyang TikoroSaat ini, Bandung seolah menjadi kota yang wajib dikunjungi ketika hari libur tiba, khususnya oleh warga Jakarta. Lokasinya yang dekat dan jumlah tempat wisata yang terus bertambah membuat para wisatawan ini merasa betah untuk datang ke kota ini. Hal ini terlihat jelas dengan penuhnya Bandung Hotel ketika hari libur tiba. Termasuk juga, jalanan yang akan terasa jauh lebih padat dan bertambahnya titik kemacetan di kota ini.

Banyaknya jumlah tempat wisata yang ada di Bandung, membuat tidak semua tempat ini dikenal. Misalnya seperti sebuah goa indah yang menyimpan banyak misteri, yaitu Sanghyang Tikoro. Goa ini berlokasi di Jalan PLTA Saguling, Rajamandala Kulon, Cipatat, Bandung Barat. Untuk mencapai goa ini cukup sulit dan dibutuhkan perjuangan, karena goa ini berada ditengah hutan. Sebab itulah, wajar jika tempat ini masih sangat sepi pengunjung. Namun, sebenarnya bukan hanya itu saja penyebab tempat  ini sepi pengunjung, suasana serta kisah mistis yang terkenal mengenai goa ini juga merupakan salah satu alasannya.

Banyak orang yang percaya bahwa Bandung dulu adalah sebuah danau yang terkenal bernama Danau Bandung Purba. Namun, air danau ini secara ajaib surut dan mengalir ke arah goa ini. Hingga saat ini, masyarakat percaya bahwa jika ada satu saja batang lidi atau sehelai rambut yang jatuh ke dalam Sungai Citarum yang mengalir dalam goa ini, maka akan terdengar suara jeritan. Tidak hanya itu saja, Bandung juga bisa kembali terendam menjadi sebuah danau. Secara tidak langsung, masyarakat percaya bahwa goa ini merupakan asal muasal terbentuknya Bandung, dan juga sekaligus juga dapat membuat Bandung menghilang. Hanya saja, beberapa masyarakat yang tidak peduli dan percaya dengan mitos merasa, bahwa munculnya mitos tersebut hanya bertujuan agar tidak ada seorangpun yang membuang sampah ke dalam sungai.

Sanghyang Tikoro, Goa Misterius di Bandung

Selain itu, hingga saat ini tidak ada seorangpun yang mengetahui kemana sebenarnya arah aliran Sungai Citarum tersebut berujung. Sebab, tidak ada seorangpun yang berani masuk ke dalam goa tersebut. Jadi, tidak ada yang bisa benar-benar memeriksa arah aliran airnya. Namun, kabarnya beberapa orang yang pernah berwisata di goa ini melihat beberapa orang yang bersemedi di mulut goa ini, khususnya dihari yang dianggap mistis.

Lalu, bagaimana dengan kebenaran cerita mistis ini? Sampai saat ini belum pernah ada yang membuktikaannya, sehingga tidak ada yang tahu pasti tentang kebenarannya. Namun, jika kamu penasaran semisti apakah suasana di goa ini, kamu bisa coba untuk mengunjunginya sendiri. Yah, sekali-sekali berpetualang dulu sebelum sampai ke lokasi wisata bukan masalah, kan?

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *