0

Senam Hamil Penangkal Kekhawatiran Bersalin

Senam HamilMedia Informasi – Kehamilan dapat menjadi sumber kebahagiaan yang teramat sangat bagi seorang calon ibu, tetapi kehamilan juga dapat menjadi sumber kecemasan. Banyak calon ibu yang mengkhawatirkan anaknya tidak akan bertumbuh dan berkembang dengan baik, proses persalinan yang sulit, hingga pemulihan setelah melahirkan. Untuk membantu proses persalinan, pernapasan yang teratur sangat penting. Salah satu cara untuk melatih pernapasan adalah dengan senam hamil. Senam hamil juga dapat membantu mengurangi nyeri saat persalinan, dan senam hamil dapat dilakukan sendirian atau berkelompok di dalam komunitas senam ibu hamil. Senam hamil juga dapat membantu ibu untuk lebih rileks, mengurangi kecemasan, dan menekan risiko stres, yang akan sangat membantu keadaan mental ibu sebelum melahirkan.

Sebelum melakukan senam atau olahraga apapun saat hamil, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan :

  • Pakailah pakaian yang longgar dan nyaman
  • Pastikan sepatu yang dipakai sesuai dengan olahraga yang akan dilakukan
  • Konsumsilah cukup kalori untuk memenuhi kebutuhan kehamilan (300 kalori lebih banyak dibanding pada saat sebelum hamil)
  • Makanlah sejam sebelum berolahraga
  • Minum air yang cukup
  • Jangan berolahraga hingga kecapekan

Olahraga saat hamil yang paling penting dan mudah dilakukan adalah senam ibu hamil, yang terdiri dari beberapa gerakan.

  • Pertama, ada senam Kegel. Senam Kegel dapat merenggangkan dan menguatkan panggul agar proses persalinan lebih mudah. Gerakan senam Kegel juga sangat fleksibel dan bisa dilakukan di mana saja, baik saat duduk maupun berdiri.
  • Jalan kaki juga dapat menjadi olahraga yang tepat dan sangat mudah dilakukan untuk ibu hamil, dan sangat direkomendasikan pada trimester ketiga karena dapat membantu posisi bayi masuk ke dalam jalur lahir.
  • Senam jongkok dapat dilakukan dengan cara menurunkan badan hingga posisi jongkok, tahan selama sepuluh detik, dan kembali ke posisi berdiri. Gerakan ini membantu menguatkan otot paha dan merenggangkan panggul, agar persalinan lebih mudah seperti halnya senam Kegel.
  • Memiringkan panggul berguna untuk menambah kekuatan otot perut dan meredakan sakit pinggang saat kehamilan sudah masuk trimester ketiga. Gerakan ini dilakukan dengan turun ke posisi merangkak, dan menengadahkan kepala sambil menarik dan melepas napas.
  • Pose Tailor dilakukan untuk melatih otot paha dan menghilangkan stres punggung bawah, dan dilakukan dengan mempertemukan telapak kaki dalam posisi duduk dan mendorong lutut ke bawah hingga menyentuh lantai.
  • Untuk relaksasi setelah senam, sang calon ibu dapat berbaring, menumpu kaki kepada dinding, dan merentangkan tangan. Dalam posisi ini, ibu dapat menarik napas dan memejamkan mata agar makin rileks.

Selain melakukan senam hamil, melakukan konsultasi pada obstetrik dan ginekologi juga akan membantu calon ibu untuk mendeteksi adanya masalah pada organ kewanitaan atau organ reproduksinya. Dengan melakukan senam hamil dan konsultasi secara rutin, kecemasan ibu mengenai persalinan dapat di kurangi dan proses kelahiran dapat lebih mudah dijalani. (Dana)

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *