0

Tidur dan Berat Badan

Dewasa ini, banyak orang yang mencari cara menurunkan berat badan dengan cepat. Mulai dari diet, mengubah pola makan, hingga berolahraga rutin, semua tentunya akan membantu untuk mengurangi berat badan. Tetapi, ada hal yang kadang terlupakan oleh orang-orang di masa kehidupan yang sangat sibuk dan serba cepat ini, yaitu tidur. Tidur sangat penting bagi tubuh kita karena saat kita tidur, badan beristirahat dan me-recover dari kegiatan sehari-hari.

Tidur dan Berat Badan

Source : gudangfitnes.com

Beberapa ahli mengatakan bahwa kurang tidur dapat mengakibatkan berat badan bertambah. Ketika kita mengantuk di siang hari, biasanya kita langsung mencari makanan-makanan yang dapat memberikan kita energi yang cepat. Ini hampir selalu berarti makanan-makanan manis, yang pastinya akan menambah berat badan jika tidak dibakar. Oleh karena itu, tidur yang cukup sangat penting untuk dapat menjaga berat badan agar tidak selalu naik karena kita kurang tidur dan memilih makanan-makanan yang menggendutkan pada siang harinya ketika kita mulai mengantuk.

Belakangan ini muncul istilah sleep diet, di mana kita bisa mengurangi berat badan ketika tidur. Tetapi, kenyataannya tidak semudah itu. Hanya tidur tidak dapat mengurangi berat badan, tetapi kurang tidur kemungkinan besar akan membuat kita makin gendut.

Kaitan antara tidur dan pengurangan berat badan dapat lebih mudah digambarkan dengan contoh. Misalnya kita sudah tidur nyenyak 7 jam setiap malamnya, menambahkan tidur satu jam tidak akan membuat kita turun 5 kilo, tetapi jika kita tadinya tidur 5 jam setiap malam lalu mulai rutin tidur 7 jam setiap malamnya, berat badan kita akan mulai turun. Ini terjadi karena ketika kita kurang tidur, kita biasanya makan lebih banyak dan metabolisme tubuh akan lebih rendah.

Untuk menanggulangi kurang tidur dan efek-efek buruknya, ada beberapa hal yang dapat dilakukan.

  • Hindarilah kafein setelah pukul 2 siang, karena kafein di siang hari akan berdampak buruk pada tidur malam.
  • Berolahraga sebelum tidur biasanya sangat membantu meningkatkan kualitas tidur.
  • Makan besar sebelum tidur sebaiknya dihindari. Jika ingin makan sebelum tidur, makanlah cemilan sehat dan makanan yang ringan seperti sereal.
  • Jika Anda sudah cukup tidur tetapi masih mengantuk keesokan harinya, pertimbangkanlah menemui seorang spesialis tidur.

Pentingnya tidur untuk manusia bukan hanya untuk beristirahat, tetapi juga untuk menjaga berat badan agar tetap berada di dalam batas sehat. Tidur yang cukup dan makan makanan sehat akan membawa ke kehidupan yang sehat, dan disarankan untuk semua orang untuk melakukannya. (Dana)

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *