0

Tips Aman Konsumsi Daging Ketika Idul Adha

Informasi IndonesiaHari Raya Idul Adha atau biasa disebut Hari Raya Qurban identik dengan penyembelihan hewan qurban seperti sapi dan kambing. Selain penyembelihan hewan qurban, tradisi bakar sate juga menjadi hal yang biasa dilakukan masyarakat seluruh Indonesia ketika lebaran Idul Adha. Hidangannya pun semua menggunakan bahan utama daging seperti daging semur, rendang dan aneka hidangan lainnya.

Hidangan tersebut tentu akan menggoda dan bahkan sulit menahan diri untuk bisa menyantap semua hidangan yang tersedia. Karena terlalu asyik menikmati semua hidangan yang tersedia, kita cenderung lupa akan dampak memakan daging terlalu banyak bagi kesehatan. Padahal daging merah baik sapi atau kambing mengandung lemak yang bisa menyebabkan kolesterol dan darah tinggi.

Tips Aman Konsumsi Daging

Menurut Em Yunir selaku Kepala Divisi Metabolik Endokrin Depattemen IPD FKUI sekaligus dokter spesialis penyakit dalam di RS Cipto Mangunkusumo (RSCM), makanan yang mengandung lemak akan sangat berpengaruh pada diabetisi dan akan menyebabkan gangguan lemak yang disebut sindroma metabolik. Nah jika ingin tetap mengkonsumsi daging, maka ada Tips Aman Konsumsi Daging Ketika Idul Adha :

  • Pilih daging yang rendah lemak

Pilihlah daging sapi ataupun kambing yang paling rendah kandungan lemaknya, yaitu pada bagian paha. Sekedar informasi, bahwa kandungan lemak yang tinggi ada pada bagian perut dan iga sapi.

  • Masak daging dengan benar

Untuk bisa mengurangi kadar lemak yang ada pada daging, sebaiknya buanglah air yang digunakan untuk merebus daging tersebut. Karena ketika merebus daging, lemak akan terangkat ke permukaan air. Selain itu, akan lebih baik jika proses merebus daging bersama bumbu-bumbu nya. Hindari juga masakan yang bersantan, namun jika memang dibutuhkan santan tersebut bisa dimasukkan di akhir proses masak.

  • Imbangi dengan sayur dan buah-buahan

Jangan hanya konsumsi daging saja, upayakan untuk konsumsi juga sayur-sayuran dan buah-buahan. Karena dengan banyak konsumsi sayur dan buah, tentu akan mengurangi kadar lemak dan resiko kesehatan tubuh. Pilihlah buah dan sayur yang kaya dengan zat antioksidan, biasanya kandungan antioksidan pada buah berada pada kulitnya. Sehingga akan lebih baik untuk mengkonsumsi buah beserta kulitnya.

  • Tingkatkan aktivitas fisik atau olahraga

Ketika kita banyak konsumsi makanan berlemak, tentu harus diimbangi dengan banyak melakukan aktivitas fisik atau berolahraga rutin. Olahraga dapat membantu proses pembakaran lemak dan kalori yang ada di dalam tubuh. Biasakan rutin untuk berolahraga seperti lari minimal 30 menit hingga 1 jam setiap hari.

Jadi, tidak usah merasa khawatir untuk makan daging ketika merayakan Hari Raya Idul Adha asalkan bisa tidak berlebihan. -apuy-

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *