0

Tips Bagaimana Mengatur Keuangan Untuk Gaji Di Bawah 5 Juta

Tips Mengatur Keuangan Gaji di bawah 5 JutaBagi beberapa orang yang memiliki penghasilan atau gaji bulanan yang besar pastinya tidak akan terlalu sulit dalam mengelola finansial bulanannya. Berbeda dengan kebanyakan orang yang tidak memiliki penghasilan atau gaji yang besar, terutama jika tinggal di kawasan perkotaan dimana biaya kebutuhan pokok jauh lebih besar. Bagaimana tips dalam mengatur keuangan gaji di bawah 5 juta ? berikut akan saya paparkan beberapa tips sederhana dalam mengelola keuangan yang anda miliki. Terutama bagi anda yang berprofesi sebagai karyawan pada suatu perusahaan. Berikut beberapa poin penjelasan dalam mengaturnya:

  • Perencanaan Tabungan

Mesikpun penghasilan yang anda miliki bisa dikatakan tidak terlalu besar, akan tetapi merencanakan untuk menabung merupakan langkah pertama yang wajib untuk dapat anda realisasikan. Bagaimana tips dalam mengatur keuangan dengan gaji di bawah 5 juta untuk menabung ? caranya adalah dengan menghitung terlebih dahulu jumlah pengeluaran pokok yang selalu anda keluarkan seperti untuk membayar berbagai cicilan, pembayaran listrik dan lain sebagainya. Jangan lupa juga untuk mencatat kebutuhan pokok dalam skala harian dan mingguan. Setelah anda mendapatkan hasilnya maka kurangilah penghasilan yang anda miliki dengan jumlah pengeluaran lalu hasilnya anda sisihkan minimal 20 % untuk menabung.

  • Belanja hanya Kebutuhan Pokok

Terkadang masih banyak orang yang sulit untuk menahan nafsu belanja sehingga mereka banyak mengeluarkan uang untuk suatu barang yang dirasa kurang dibutuhkan. Bagi anda yang ingin bisa mengatur gaji bulanan yang anda miliki maka usahakanlah untuk lebih disiplin dalam belanja. Belanjalah atau belilah barang yang sekiranya anda perlukan agar menghindari pemborosan yang hanya akan merugikan anda.

  • Menyisihkan Budget Hiburan dan Dana Investasi

Penting bagi setiap orang untuk menyisihkan budget liburan bulanan atau mingguan. Beberapa diantaranya seperti dana untuk tamasya, shoping dan lain sebagainya. Anda bebas untuk melakukan shoping selama shoping yang anda lakukan masih dalam tahapan wajar. Selain untuk dana hiburan, siapkan juga dana untuk investasi agar anda memiliki pemasukan dari bisnis sampingan untuk menambah kebutuhan bulanan yang anda miliki.

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *