0

Tips Cegah Rambut Rontok

Tips Cegah Rambut RontokMedia Informasi Indonesia – Rambut adalah mahkota kepala, kalimat ini menunjukkan bahwa rambut merupakan hal terpenting yang harus selalu dirawat. Khususnya untuk para wanita yang menginginkan penampilan yang cantik, tentu dengan rambut yang indah maka akan terpancar kecantikan wanita tersebut.

Model rambut panjang memang kini menjadi trend dan merupakan dambaan setiap wanita. Bahkan banyak pria yang lebih tertarik kepada wanita yang berambut panjang. Oleh karena itu banyak wanita yang rela mengeluarkan budget tertentu hanya untuk merawat rambutnya. Akan tetapi banyak pula wanita yang akhirnya harus mengubah tatanan rambutnya karena masalah kerontokan.

Namun bagi Anda yang ingin memilliki rambut panjang namun khawatir takut terjadi kerontokan, maka ada beberapa Tips Cegah Rambut Rontok yang bisa dipraktekkan seperti yang dikutip oleh Healthmeup :

  • Jangan Terlalu Sering Keramas

Untuk merawat rambut panjang tanpa harus khawatir terjadi kerontokan, maka cucilah rambut maksimal 2-3 kali dalam satu minggu. Memang keramas sangat bagus untuk membersihkan rambut dari debu dan kotoran,namu keramas setiap hari akan lebih mudah menyebabkan resiko dan masalah pada rambut seperti kering, kasar dan rapuh / rontok.

  • Pakai Shampo Yang Bebas Detergen

Memang ada shampo yang mengandung detergen ? Tentu, sulfat merupakan bahan dasar detergen yang bisa menciptakan busa ketika Anda membersihkan tubuh ataupun rambut. Zat ini bisa mengakibatkan masalah pada rambut seperti rambut menjadi kering dan menghilangkan kelembaban rambut hilang. Jadi, sebaiknya hindarilah penggunaan shampo yang mengandung zat sulfat ini demi kesehatan rambut.

  • Minimalkan Penggunaan Pengering Rambut

Pengering rambut atau biasa disebut hair dryer memang bisa membuat rambut cepat kering. Namun cara kerja dari pengering rambut ini bisa mengakibatkan masalah rambut rontok akan timbul. Di mana haid dryer akan melepasan udara panas dan kering sehingga ini bisa menyebabkan kelembaban dari rambur menjadi hilang. Boleh saja menggunakan pengering rambut, namun hanya sesekali saja. Atau Anda bisa menghindari sama sekali penggunaan hair dryer ini dan membiarkan rambut kering secara alami.

  • Jangan Keritingkan Rambut

Untuk tampilan, memang banyak wanita yang mengubah rambutnya untuk mengubah penampilan seperti contoh dengan mengkeritingkan rambut. Akan tetapi dalam proses pengeritingan rambut, biasa nya akan menggunakan obat yang di dalamnya mengandung bahan kimia. Bahan kimia tersebut akan dapat mengurangi protein yang ada di rambut, sehingga akan beresiko dan rentan akan kerusakan.

Jika ingin mengubah tatanan rambut, usahakan untuk menggunakan obat yang bahannya alami sehingga tidak akan membuat rambut menjadi rusak. Jadi sewajarnya saja dalam mengubah penampilan pada rambut.

  • Potong Secara Rutin

Pemotongan rambut secara rutin dirasa sangat penting untuk menghindari masalah pada rambut. Selain itu, memotong rambut secara rutin bisa membantu menghilangkan rambut-rambut bercabang yang akan mengakibatkan rambut rontok.

  • Hindari Menyisir Rambut Saat Basah

Menyisir rambut dalam keadaan basah sangatlah tidak dianjurkan, karena ini bisa membuat rambut menjadi mudah rontok. Maka dari itu, banyak pakar rambut yang melarang menyidir rambut dalam keadaan masih basah.

Semoga tips mencegah rambut rontok ini bisa bermanfaat untuk Anda para wanita! -apuy-

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *