0

Tips Ganti Oli Mesin yang Baik pada Motor

Ganti oli mesin secara teratur sangat dibutuhkan baik pada kendaraan bermotor maupun pada mobil. Apabila kita melakukan ganti oli mesin dengan tidak teratur maka bukan tidak mungkin apabila kendaraan kita akan lebih mudah rusak. Untuk ganti oli mesin yang baik, kita tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal karena hanya perlu kerajinan serta mengingat bulannya saja agar tidak telat ketika ganti oli mesin. Istilahnya, Anda harus tahu kapan waktu yang tepat untuk ganti oli mesin sepeda motor. Dengan begitu keawetan mesin akan terjaga dan mengurangi resiko kerusakan mesin pada kendaraan.

Tips Ganti Oli Mesin yang Baik dan Benar

Mau Mengganti Oli Mesin Sepeda Motor? Perhatikan Hal Ini!

  1. Tips Ganti Oli Mesin yang Baik pada MotorMenyiapkan alat-alat yang diperlukan

Hal pertama yang perlu dilakukan yaitu menyiapkan alat seperti baskom atau wadah lain untuk menampung oli, kunci motor ukuran 12, Corong yang akan kita gunakan untuk mengisikan oli, serta tidak ketinggalan yaitu oli baru untuk mengganti oli lama yang dibuang.

  1. Posisi motor

Letakkan motor pada tempat yang datar dengan standar tengah. Kemudian letakkan alat-alat yang diperlukan dekat dengan motor.

  1. Membuka baut pembuangan

Gunakan kunci ukuran 12 untuk membuka baut pembuangan oli. Carilah lubang pembuangan oli pada motor tersebut. Setelah ketemu kita dapat memutar baut pembuangan dengan putaran melawan arah jarum jam. Setelah terbuka kita dapat membuang oli dan meletakkannya pada wadah yang telah disiapkan. Setelah selesai tutuplah kembali baut pembuangan tersebut

  1. Mengisi oli

Cara selanjutnya yaitu mengisikan oli. Sebelum mengisi oli kita harus menemukan terlebih dahulu tempat pengisian oli. Biasanya letaknya ada dua bagian bawah step. Buka agar tidak tumpah. Isikan secara perlahan dan hati-hati. Setelah selesai kita dapat menutupnya kembali.

Mudahnya Ganti Oli Mesin

Bagaimana, mudah bukan untuk mengganti oli mesin sendiri. Apabila kita tidak sempat ke bengkel karena kesibukan yang ada maka kita dapat mengganti oli mesin sendiri di rumah. Dengan mengetahui keempat tips di atas maka pekerjaan yang kita anggap sulit akan dilakukan dengan mudah. Demikian informasi tentang tips ganti oli mesin yang baik semoga dapat bermanfaat.

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *