0

Tips Hemat Kuota Internet di Smartphone

Tips Hemat Kuota Internet di SmartphoneLayanan internet Brebes dan beberapa kota kabupaten lainnya di Indonesia kini sudah bisa diakses dan di jangkau oleh masyarakat luas. Penyebaran internet di Indonesia kini makin merata, tidak hanya untuk wilayah kota-kota besar hingga kota kabupaten bahkan daerah pedalaman. Hanya cukup menggunakan smartphone dan daftar paket data internet saja, masyarakat bisa dengan mudah dalam mengakses berbagai informasi terkini secara cepat.

Posisi internet kini menjadi salah satu bagian terpenting yang tidak bisa dipisahkan dari setiap aktivitas kita sehari-hari, mulai cek email bahkan hingga bermain permainan online. Terlalu pentingnya, terkadang kita lupa bahwa penggunaan internet pada smartphone ini dibatasi oleh adanya kuota internet atau biasa disebut kuota internet. Tidak jarang kuota internet akan lebih cepat habis sebelum masa aktifnya berakhir, dan karena itu pasti merasa kesal karena harus membeli paket datanya kembali.

Penggunaan paket data atau kuota internet sendiri sebenarnya bisa dilakukan, sehingga Anda pun bisa menghemat pengeluaran. Tidak perlu jadi ahli dalam dunia gadget, cukup dengan mengikuti beberapa cara dan tips hemat kuota internet di smartphone di bawah ini

Matikan koneksi internet jika memang tidak digunakan. Paket data atau kuota internet pada smarthone sendiri pada dasarnya akan terus berjalan, meskipun perangkat smartphone sendiri tidak digunakan. Kenapa demikian ? Karena setiap aplikasi yang ada akan terus menerus mengalami update, sehingga ketika tidak digunakan, paket data akan terus terpakai untuk melakukan update sistem aplikasi-aplikasi yang ada. Tidaklah mungkin jika kita mematikan koneksi internet di smartphone ketika sedang beraktivitas, namun Anda bisa mematikan penggunaan kuota internet pada malam hari seperti waktu tidur.

Mematikan paket atau kuota bisa juga ketika sedang men-charger smartphone, karena efeknya bisa lebih cepat proses pengisian baterai smartphone. Namun akibatnya, di saat yang bersamaan Anda tidak akan menerima notifikasi email atau social media.

Mengaktifkan kompresi data di browser Chrome. Apakah ini bisa menghemat penggunaan kuota internet pada smartphone ? Jika Anda memang selalu menggunakan browser chrome, maka ini bisa membantu dalam menghemat paket internet. Chrome memiliki fitur kompresi data yang bisa kurangi penggunaan kuota internet ketika browsing.

Untuk caranya, silahkan buka chrome kemudian pilih Setting >> Bandwith Management >> Reduce Data Source. Menggunakan fitur ini akan membuat kualitas gambar yang ditampilkan akan menjadi rendah, sehingga paket data internet pun akan lebih rendah.

Pakai browser Opera Mini. Jenis browser ini akan secara otomatis meminimalkan penggunaan kuota internet. Selain itu aplikasinya pun memiliki ukuran yang rendah, sehingga tidak butuh bandwith yang besar, bahkan bisa menyimpan hampir 90% data setiap penggunanya.

Setting kualitas video Youtube. Bila Anda sering menggunakan smartphone untuk menonton video di Youtube, maka pastikan setting kualitas videonya menjadi SD. Caranya mudah, buka Youtube, kemudian Setting > General dan lanjut untuk memilih “Limit mobile data usage” untuk bisa membatasi penggunaan kuota internet ketika menggunakan Youtube.

Cari lokasi yang berikan layanan WiFi gratis. Kini sudah banyak tempat yang menyediakan fasilitas WiFi gratis seperti resto, café dan juga mini market. Akses dengan WiFi gratis tentu tidak akan memakan kuota internet smartphone Anda. Untuk mendapatkan layanan internet gratis, jangan segan-segan menanyakan user dan password kepada petugas. Bahkan tidak hanya tempat-tempat di atas yang menyediakan layanan internet gratis, namun kini taman-taman di beberapa kota besar telah mempersiapkan layanan WiFi gratis.

Mudah bukan cara menghemat penggunaan kuota internet di smartphone ? Selamat mencoba yah! – apuy-

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *