0

Tips Membeli Apartemen yang Tepat untuk Hunian dan Investasi

Berbeda dengan masyarakat di pedesaan yang lebih suka membeli tanah untuk investasi dan pendirian bangunan, masyarakat di kota besar terutama yang status ekonominya menengah ke atas lebih suka membeli apartemen. Bagi masyarakat kota, membeli apartemen tidak hanya memudahkan mereka mendapatkan hunian yang aman dan nyaman saja. Tapi juga untuk investasi yang cukup menggiurkan.

Oh ya, meski apartemen bisa memberikan keuntungan yang cukup besar dalam jangka waktu yang cepat. Anda tetap harus memperhatikan banyak hal sebelum membelinya. Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar apartemen yang Anda beli sesuai dengan keinginan dan nilai investasinya terus menanjak.

  1. Memilih Lokasi yang Strategis

Tidak bisa dielakkan lagi kalau lokasi adalah hal paling utama yang harus diperhatikan oleh siapa saja. Dengan memilih lokasi yang strategis, nilai investasi yang didapatkan akan berkembang dengan pesat. Bahkan bisa berlipat ganda pada jangka waktu tertentu tanpa membuat Anda melakukan apa-apa selain perawatan agar apartemen selalu dalam kondisi yang prima.

Tips Memilih dan Membeli Apartemen

Zaman sekarang, pihak pengembang dari apartemen sudah memilih lokasi yang strategis, seperti dekat dengan pusat perbelanjaan dan perkantoran. Tugas Anda adalah membandingkan satu demi satu apartemen yang ada dengan kemungkinan investasi yang tidak terlalu besar, namun keuntungan yang didapatkan akan terus menanjak dari tahun ke tahun.

  1. Peluang Investasi yang Besar

Seperti yang telah dikutip di atas, salah satu pertimbangan yang harus dilakukan sebelum membeli apartemen adalah nilai investasinya. Jangan membeli apartemen yang nilai investasinya akan anjlok sehingga apa yang telah Anda bayarkan untuk menebus apartemen itu tidak balik modal atau mengalami kerugian saat akan dijual kembali.

Kalau Anda membeli apartemen untuk tujuan hunian saja, tidak masalah jika pertimbangan investasi diabaikan. Tapi kalau apartemen digunakan sebagai investasi properti, nilainya harus diperhatikan. Anda harus memilih apartemen yang memiliki nilai investasi tinggi dan kemungkinan untuk rugi bisa dihindari.

Peluang investasi yang besar bisa dilihat dari kenaikan harga apartemennya. Jika kenaikan setiap tahunnya cukup tinggi, misal 60% setiap tahun dari harga awal, pilihlah dengan segera. Apartemen dengan kenaikan harga yang cukup besar akan semakin cepat memberikan keuntungan sehingga uang yang diterima bisa digunakan untuk investasi ke apartemen yang lain.

  1. Memperhatikan Status dari Lahan

Seperti halnya membeli tanah yang harus memperhatikan status kepemilikannya, membeli apartemen pun juga demikian. Jangan membeli apartemen dengan status kepemilikannya masih BOT atau Build, Operate, dan Transfer. Status BOT ini akan merugikan karena kelak saat tanah dari aset negara ini diambil alih, Anda tidak bisa melakukan apa-apa selain pasrah. Negara akan membeli dari pengembang sebesar 70-80% dan uang itu akan dibagikan kepada pemilik apartemen lama.

Sebelum membeli apartemen yang akan digunakan sebagai investasi properti, periksa status lahannya. Kalau status lahannya milik dari pengembang, Anda tidak perlu khawatir jika ada pengembalian aset kepada negara yang sangat merugikan itu.

  1. Mempertimbangkan Harga yang Sesuai

Sebelum membeli apartemen yang Anda gunakan sebagai tempat tinggal atau pun untuk diinvestasikan kembali. Perhatikan masalah harga jual yang ditawarkan oleh pengembang. Jika harga jualnya sangat beralasan karena lokasi strategis, fasilitas, dan pendukung lainnya, Anda bisa memasukkannya dalam daftar pertimbangan untuk dibeli dan dikembangkan.

Apabila Anda berniat untuk menjadikan apartemen untuk tempat tinggal, perhatikan harga yang ditawarkan. Jangan memilih harga yang terlalu tinggi kalau di luaran sana masih ada yang rendah. Jika fasilitas dasar sama serta lokasinya sama-sama strategis, pilih yang terendah. Meski niatnya hanya untuk tempat tinggal, jika suatu saat bisa dijual lagi keuntungannya cukup menggiurkan.

  1. Memilih yang Fasilitasnya Lengkap

Salah alasan utama mengapa banyak orang di perkotaan memilih apartemen adalah fasilitas yang diberikan cukup lengkap. Fasilitas ini bisa dilihat dari fasilitas di dalam ruangan apakah dengan perabotan lengkap atau tidak. Selanjutnya fasilitas pendukung seperti adanya kolam renang, pusat kebugaran, ATM, hingga minimarket sehingga Anda tidak perlu pergi jauh-jauh jika membutuhkan sesuatu.

Fasilitas selanjutnya yang harus ada dan wajib Anda tuntut adalah masalah keamanan. Usahakan membeli apartemen dengan sistem keamanan yang baik. Misal ada metal detector di depan pintu masuk apartemen, ada CCTV yang memantau 24 jam, dan juga ada petugas jaga yang siap melayani penghuni selama 24 jam tanpa berhenti.

  1. Memilih Apartemen dengan Fitur Tambahan yang Bermanfaat

Fitur tambahan yang dimaksudkan di sini adalah adanya lahan parkir yang luas. Anda yang memiliki mobil bisa memarkirnya dengan bebas di dalam bangunan tanpa kebingungan. Selain masalah parkir, usahakan memilih apartemen yang memiliki fasilitas restoran atau kafe untuk sarana hiburan. Berdiam saja di dalam bangunan apartemen tentu akan sangat membosankan.

Fitur selanjutnya yang bisa dipertimbangkan adalah adanya balkon yang luas untuk bersantai. Usahakan balkon yang ada pada apartemen memiliki pemandangan yang indah di bawahnya. Bisa berupa pemandangan kota, kebun yang hijau, atau mungkin pantai.

Inilah beberapa tips yang bisa Anda lakukan sebelum membeli apartemen. Semoga bisa memberi Anda inspirasi yang bermanfaat.

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *