0

Tips Membeli Spare Part Alat Berat

Spare Part Alat BeratDalam membeli spare part alat berat, ada kemiripan dengan spare part kendaraan bermotor pada umumnya seperti mobil atau truk. Meski ada kesamaan dengan kendaraan bermotor pada umumnya seperti filter, accu, wiper, piston, v-belt, namun cukup banyak spare part alat berat yang spesifik seperti bucket tooth, roller, track shoe dan lainnya. Hal ini mengingat beragam jenis alat berat mulai excavator, loader, dozer, grader, hingga forklift. Seperti halnya spare part kendaraan bermotor, terdapat beragam merk, yang sudah barang tentu Anda akan semakin bingung untuk membeli spare part yang terbaik untuk alat berat Anda.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda sebetulnya bisa saja datang ke supplier alat berat atau teknisi alat berat untuk bertanya mengenai spesifikasi alat berat yang Anda butuhkan. Namun, bukan berarti hal tersebut hanya menjadi satu-satunya cara bagi Anda untuk membeli spare part. Anda juga bisa membeli spare part alat berat tanpa bantuan teknisi. Berikut ini adalah tips yang bisa Anda lakukan:

  • Pastikan spare part yang akan dibeli sesuai kebutuhan penggantian atau perbaikan dari orang yang paham dan catat semua kebutuhan tersebut. Sebelum membeli, periksa dulu kriteria apa saja yang kita butuhkan pada spare part yang ingin kita beli. Jangan menganggap remeh hal ini sebab spare part untuk alat berat bukanlah benda yang murah. Jika salah beli, justru malah mubazir karena membuang-buang uang dan nantinya spare part yang dibeli tidak terpakai.
  • Cek spesifikasi spare part. Jika kita ingin mengganti spare part lama dengan spare part yang baru, catat spesifikasi yang ada di spare part lama dengan teliti.
  • Bandingkan harga. Ketika sudah menemukan spare parts yang diinginkan, jangan terburu-buru untuk langsung membelinya. Ada baiknya Anda membandingkan harga spare part tersebut di beberapa toko untuk mencari harga terendah. Meski tidak berbeda terlalu jauh, tapi jika kita bisa mendapatkan harga yang lebih murah, mengapa tidak?
  • Cek keaslian spare part. Sekarang ini, banyak sekali spare part tiruan yang dibuat oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Nah, sebelum membelinya, periksa dulu seluruh komponen spare part untuk memastikan keasliannya.
  • Pastikan ketersediaan dan waktu pengiriman spare part yang akan dibeli, karena jika stok tidak tersedia bisa jadi akan membutuhkan waktu lama untuk mendapatkannya.
  • Belilah dari supplier yang terpercaya. Jangan hanya tergiur oleh harga yang murah tapi kualitas spare part dan layanannya justru bermasalah. Untuk jaminan terbaik, belilah spare part di distributor resmi merk alat berat Anda. Contohnya Anda memiliki alat berat dengan merk Komatsu, pastikan Anda memilih spare part alat berat Komatsu yang asli langsung dari dealer Komatsunya. Dengan menggunakan spare part yang sama merk-nya memastikan bahwa spare part itu memang cocok dengan alat berat yang sedang Anda gunakan.

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *