2

Tips Menata Wastafel Kamar Mandi dan Dapur

Tidak banyak orang menyadari betapa besarnya fungsi wastafel di rumah dalam menjaga kesehatan keluarga. Bayangkan saja, di sinilah kita menyikat gigi, mencuci tangan, bahkan membersihkan bahan makanan sebelum dikonsumsi.

Tips Menata Wastafel Kamar Mandi dan Dapur

Mengingat banyaknya kegiatan yang kita lakukan di wastafel, tidak heran tersedia sejumlah produk di area wastafel. Bagaimana cara menatanya agar tidak terlihat berantakan dan tetap higienis? Yuk, kita baca bersama kiat-kiat berikut ini. 

  1. Menata wastafel di kamar mandi

Kegiatan-kegiatan yang kita lakukan di wastafel kamar mandi meliputi menyikat gigi, mencuci muka, mencuci tangan, dan kadang juga menyikat kuku si kecil. Semua ini sangat penting untuk menjaga kesehatan anggota keluarga. Agar semua produk yang Sahabat butuhkan mudah dijangkau di sekitar wastafel kamar mandi namun tetap rapi, kami punya beberapa tips:

  • Sabun cuci tangan cair bisa Sahabat letakkan di samping keran karena sangat sering digunakan. Ingatkan semua anggota keluarga pentingnya mengikuti 7 langkah cuci tangan yang benar setelah buang air dan sebelum makan. Jika perlu, cetak 7 langkah cuci tangan dan tempelkan di samping wastafel agar keluarga tidak lupa.
  • Siapkan lemari cermin yang bisa Sahabat gantung di dinding. Selain bisa dipakai untuk becermin, lemari ini bisa juga bertujuan agar produk-produk seputar kamar mandi tidak berserakan di wastafel, tetap kering, terlindung dari debu dan kuman.
  • Di dalam lemari kaca ini, Sahabat bisa menyimpan produk-produk makeup, sikat dan pasta gigi, dan stok perlengakapan mandi. Lemari ini juga tempat yang ideal untuk meletakkan tisu basah atau handuk kecil bersih.
  • Sediakan wadah sikat gigi yang sesuai. Sikat gigi sebaiknya diletakkan secara vertikal agar air yang tersisa setelah menyikat gigi bisa tiris. Jangan lupa untuk membuang deposit air di dasar wadah dan mencucinya secara rutin.
  • Sahabat juga bisa menata lebih lanjut lemari kaca dengan beberapa wadah kecil untuk menampung produk-produk sejenis. Misalnya, satu wadah untuk pelembap bibir dan lipstik, dan wadah lainnya untuk waslap bersih.
  • Sediakan gantungan handuk di samping wastafel untuk mengeringkan tangan. Dengan menyediakan handuk, anggota keluarga tidak “tergoda” untuk mengelap tangan di celana atau baju. 
  1. Menata wastafel di dapur

Wastafel di dapur memiliki fungsi yang beragam, mulai dari mencuci bahan makanan, piring, juga tangan sebelum dan sesudah memasak. Dari sini kita bisa melihat bahwa wastafel dapur memiliki kontribusi besar dalam menjaga kesehatan anggota keluarga.

Sebenarnya menata wastafel di dapur tidak serumit di kamar mandi karena tidak banyak produk yang Sahabat butuhkan di sini. Ini dia cara menata wastafel di dapur agar fungsinya tetap terjaga secara maksimal:

  • Gunakan rak piring di samping wastafel untuk meniriskan piring, gelas dan sendok yang baru dicuci agar tidak langsung bersentuhan dengan permukaan wastafel. Selain itu, rak piring juga memberikan kesan rapi di area wastafel.
  • Siapkan dua jenis sabun, yaitu untuk mencuci piring dan mencuci tangan agar 7 langkah cuci tangan bisa dipraktikkan di sini juga. Hindari kebiasaan mencuci tangan dengan sabun cuci piring karena formulasinya tentu saja tidak sesuai untuk kulit. Agar lebih higienis, pilih sabun cair.
  • Siapkan juga spons cuci piring yang diganti sekitar seminggu sekali. Kuman, bakteri, dan jamur tumbuh subur di tempat lembap, jadi gunakan wadah untuk meniriskan air dari spons.
  • Agar lantai dapur tidak becek, gunakan alas berbahan serap tinggi, seperti mikrofiber di area wastafel. Ketika alas basah dan/atau kotor, segera cuci dan jemur sebelum kuman dan jamur berkembang biak.
  • Sahabat juga bisa menyiapkan sebotol cuka putih di dekat wastafel dapur untuk mencuci sayur dan buah yang dikonsumsi mentah.

Nah, menata wastafel di kamar mandi dan dapur tidak sulit, bukan? Intinya adalah Sahabat harus memastikan produk-produk yang dibutuhkan mudah dijangkau tetapi tidak berserakan. Jangan lupa membersihkan wastafel secara rutin dengan produk anti bakteri, apalagi wastafel dapur yang Anda gunakan untuk mencuci bahan makanan mentah.

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *