0

Tips Mengatur Pola Makan Di Luar

Tips Mengatur Pola Makan Di LuarMedia Informasi Indonesia РKetika menjalankan program diet sebagai salah satu tips mengecilkan perut, maka komitmen merupakan hal terpenting untuk bisa konsisten dalam menerapkan semua program diet tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Namun menjaga komitmen untuk bisa konsisten itu tidak mudah, misalnya ketika diundang untuk makan bersama atau menghadapi sebuah pesta.

Makanan Sehat pun Tidak Bisa Menjamin

Menurut pakar fitness dan nutrisi dari Amerika Serikat, JJ Virgin bahwa makanan yang disajikan di restoran banyak mengandung kalori dan lemak. Sekalipun untuk makanan sehat, terkadang tidak sesuai dengan apa yang kita harapakan misalnya saja salad. Salad dilihat merupakan salah satu makanan sehat yang terdiri dari sayur, buah, atau kacang. Namun dressing yang digunakan sebagai pelengkap dapat membuat kalori dan lemak dalam tubuh kita menjadi banyak. Di tambah dengan adanya keju yang bisa meningkatkan jumlah lemak dan kalori pada makanan tersebut.

Cara Mengatur Pola Makan

Meskipun demikian, kita tidak perlu untuk merasa khawatir ketika makan di luar akan dapat merusak pola diet yang sedang dijalankan. Menurut JJ Virgin ada beberapa tips yang bisa membantu dalam mengatur pola makan di luar tanpa merusak program diet yang sedang dilakukan, seperti berikut :

  • Jangan terpaku pada menu yang ada. Menu yang ada ditawarkan sebuah restoran hanyalah sebuah rekomendasi, namun Anda bisa meminta untuk mengganti bahan-bahan yang ada di dalam menu makanan supaya lebih sehat. Seperti menu bayam dan salmon yang disajikan dengan keju, Anda bisa meminta untuk mengganti atau menghilangkan keju dalam menu tersebut.
  • Mulai dengan konsumsi salad. Usahakan untuk makan salad terlebih dahulu sebelum makan makanan berat. Karena dengan konsumsi salad mampu menekan nafsu makan untuk konsumsi makanan yang tinggi akan kalori dan lemak. Namun perhatikan dan pastikan dressing yang digunakan adalah cuka atau minyak zaitun saja.
  • Selalu waspada terhadap makanan yang digoreng. Makanan yang digoreng akan banyak mengandung lemak sehingga ini akan merusak program diet yang sedang dijalankan. Sebaiknya Anda memesan atau mengganti makanan yang dioleh melalui cara direbus, dibakar atau dipanggang.
  • Tanya sedetail mungkin bagaimana cara penyajian makanan tersebut. Ini bisa dilakukan ketika Anda sedang melihat menu makanan yang ditawarkan. Sebagai orang yang awam dalam hal penyajian makanan, maka pasti akan ada pertanyaan-pertanyaan seputar penyajian makanan yang dipesan. Seperti penyajian yang menggunakan pelengkap makanan yang mengandung lemak jenuh dan bisa menyebabkan alergi.
  • Sadar diri bahwa sedang melakukan program diet. Jika memang acara makan tersebut adalah hanya untuk merayakan sesuatu, maka cobalah fokus terhadap hal yang sedang dirayakan bukan terhadap makanan yang disajikan. Bisa dengan memperbanyak pembicaraan dengan teman-teman yang hadir di acara tersebut.
  • Kurangi porsi makanan yang akan dimakan. Untuk menu restoran pada umumnya akan disajikan dalam porsi yang besar, apalagi ketika untuk acara tertentu. Maka sebaiknya Anda memesan setengah porsi saja atau bisa dengan memberikan kepada teman.
  • Cukuplah dengan hanya tiga gigitan saja. Tidak bisa dihindari, jika di sebuah acara perayaan tertentu akan ada saja hidangan yang sangat menarik perhatian. Namun ternyata makanan tersebut berkalori tinggi, tetap ingatlah bahwa ini akan merusak diet yang selama ini Anda jalankan. Akan tetapi, Anda tetap bisa merasakan makanan tersebut dengan cukup mencicipi saja sebanyak tiga gigitan saja.

Memang tips mengatur pola makan di luar di atas terasa terlalu berlebihan dan aneh. Namun jika Anda bisa lakukan dengan sebaik mungkin maka, percaya bahwa program diet akan berhasil dengan hasil yang memuaskan! -apuy-

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *