0

Tips Menjaga Kehamilan Pada Trimester Ke-3

Tips Menjaga Kehamilan Pada Trimester Ke-3Masa kehamilan merupakan masa-masa penantian sang buah hati bagi calon ibu. Banyak hal yang dilakukan demi memberikan yang terbaik pada pertumbuhan serta perkembangan janin yang ada dalam rahim. Mulai dari menjaga asupan makanan, kemudian menjaga aktivitas, dan lain sebagainya. Ibu mengandung kurang lebih selama 9 bulan, dalam waktu tersebut kehamilan dibagi menjadi 3 periode yang lebih dikenal dengan 3 trimester. Di mana trimerster pertama dimulai dari minggu pertama kehamilan hingga minggu ke-12. Selanjutnya trimester kedua dimulai sejak minggu akhir trimester pertama sampai minggu ke 28. Dan trimester ketiga dimulai dari minggu akhir trimester kedua hingga minggu ke 40 atau minggu saat akan melahirkan. Di mana trimester ketiga adalah periode yang paling mendebarkan, maka dari itu info kehamilan kali ini berupa tips untuk menjaga kehamilan trimester ketiga.

Info kehamilan dalam menjaga usia kandungan trimester ke-3 :

  • Perhatikan asupan nutrisi untuk ibu dan juga calon bayi dalam kandungan. Seperti mengkonsumsi makanan yang mengandung protein, omega 3 dan nutirsi lainnya. Hal tersebut dilakukan karena sebentar lagi calon bayi akan terlahir dan kondisi tubuhnya harus lebih sehat dan kuat. Juga ibu yang melahirkan pun begitu.
  • Keluhan yang ibu rasakan pada trimester akhir akan semakin banyak dibanding dengan trimester sebelumnya. Misalnya sulit untuk tidur, sehingga ibu harus mampu menyesuaikan posisi tidur agar tidur lebih berkualitas. Yaitu dengan memilih posisi tidur menyamping, dengan kaki yang diganjal menggunakan bantal. Selain dari itu kurangi beban agar keluhan yang dirasakan dapat berkurang.
  • Atur aktivitas ibu, dalam hal ini ibu harus banyak beristirahat namun aktivitas ringan harus tetap dilakukan agar sirkulasi darah dalam tubuh akan semakin lancar. Ibu dapat mengikuti senam hamil yang mungkin diadakan di daerah rumah ibu. Karena hal tersebut dapat membantu proses persalinan.
  • Atur emosi ibu, jangan biarkan rasa panik, cemas dan lain sebagainya mengganggu pikiran ibu. Karena akan sangat berpengaruh pada kandungan, dikhawatirkan jika terjadi kontraksi dini. Buatlah pikiran serta tubuh lebih rileks.

 

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *