0

Tips Merawat Printer Epson Agar Awet

Bagi Anda yang menggunakan printer sebagai penunjang kebutuhan sehari-hari Anda tentu tidak asing lagi dengan printer Epson yang dikembangkan oleh perusahaan Seiko Epson Corporation. Perusahaan tersebut bergerak pada bidang produk presisi dan perangkat elektronik.

Perusahaan yang didirikan pada tahun 1942 yang bermarkas di Nagano Jepang ini telah menelurkan banyak produknya mulai dari proyektor, mainboard, cartridge, scanner, printer dan masih banyak lagi perangkat komputer lainnya.

Untuk perangkat printernya, Epson juga mengeluarkan produk dengan kualitas tinggi yang mampu bersaing dengan merek ternama lainnya. Namun meskipun printer Epson memiliki kualitas yang baik, bukan berarti akan baik-baik saja tanpa perawatan. Pasalnya sebaik apapun itu jika tidak dirawat akan mudah rusak.

Printer Epson

Sebagian dari Anda mungkin ada yang tidak merawatnya alih-alih karena takut akan merusaknya. Oleh karena itu, yuk simak beberapa tips merawat printer Epson yang baik dan benar agar awet hingga bertahun-tahun:

  1. Cara merawat printer termudah adalah dengan menggunkannya. Oleh karena itu, usahakan untuk menggunakan printer Anda secara teratur, atau jika memungkinkan gunakanlah setiap hari meski hanya satu kali cetak. Dengan Anda menggunakan secara teratur, hal tersebut malah akan membantu aliran tinta pada printer Epson tetap terjaga dengan baik sehingga mampu untuk membasahi nozzle sebagai tempat keluarnya tinta. Namun jika sangat jarang digunakan, rawatlah printer Anda dengan melakukan test printer satu minggu sekali saja.
  1. Hal kecil yang kadang dilalaikan oleh sebagian orang adalah mematikan printer setelah menggunakan. Untuk menjaga kinerja printer, matikan printer Epson dengan menekan tombol Power (on/off). Hindari mematikan printer dengan cara langsung mencabut kabel powernya. Langkah yang benar yaitu dengan menekan tombol off kemudian cabut kabel powernya. Karena saat tombol Power tersebut ditekan, maka akan otomatis sebelum off printer itu akan melakukan pembersihan head, atau biasa disebut head cleaning.
  1. Jagalah kebersihan printer Epson dengan rutin membersihkannya secara berkala untuk menjaga kinerja printer. Bersihkan printer minimal satu minggu 2 kali, serta gunanakanlah pelindung atau menutup dari kain untuk menjauhkan printer Anda dari debu.
  2. Jika tinta sudah hampir habis, segeralah ganti atau isi ulang tinta printer Epson Anda. hindari pengisian tinta ketika tinta di printer sudah benar-benar habis, karena hal itu akan membuat printer Anda mudah error. Baca juga: Daftar harga printer Terbaik

Perhatikan juga saat penggantian pada bagian cartridge agar tidak tersentuh langsung dengan tangan telanjang, karena bagian tersebut sangatlah sensitif. Untuk membuat printer Anda tahan lama dan awet, gunakan saja tisu yang halus.

  1. Untuk pengisian ulang tinta printer Epson, untuk hasil yang maksimal, gunakan tinta refill sesuai dengan rekomendasi perangkat tersebut.
  2. Saat mencetaknya, gunakan kertas yang bersih baik itu untuk cetak dokumen maupun gambar. Hal tersebut dilakukan agar printer lebih awet. Jika Anda menggunakan kertas yang kotor akan membuat roll penariknya menjadi kotor dan mengakibatkan printer Epson cepat aus dan cepat rusak.
  3. Atur juga kertas yang akan digunakan untuk mencetak. Gunakan kertas yang halus dan masukkan secara tertata dan rapi untuk menghindari kertas terselip. Kertas yang tidak tertata rapi saat proses cetak akan menyebabkan roller printer mudah rusak.
  4. Jika Anda belum ahli, sebaiknya untuk tidak membongkar sendiri casing printer Epson tersebut. Karena kesalahan kecil kadang akan menjadi fatal dan membuat printer Anda cepat rusak.

Selain berbagai macam perawatan pada printer Epson di atas, usahakan Anda menggunakan printer sesuai dengan kemampuan dan kapasitasnya. Jangan gunakan printer dalam skala yang besar jika printer Anda tidak memiliki spesifikasi yang mumpuni.

Referensi: https://www.bhinneka.com/category/printer/brands/epson.aspx

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *