6

Tips Mudah Merawat Aki Motor Agar Awet

Aki Motor memang merupakan komponen sepeda motor yang sangat penting dan harus selalu diperhatikan. Sebab jika aki motor rusak akan menyebabkan sistem kelistrikan seperti lampu, elektric starter dan komponen kelistrikan lainnya akan terganggu. Akibatnya sebagai pengendara motor akan merasa khawatir ketika berkendara di jalan raya, dimana bisa membahayakan keselamatan si pengendara dan juga hati-hati bisa kena tilang.

Aki motor sejatinya memiliki batas waktu penggunaannya, jika menurut pengalaman penulis biasanya aki sepeda motor akan mampu digunakan selama 1 – 2 tahun. Namun apakah aki motor Anda sering mengalami masalah, seperti umur penggunaannya yang pendek ? Seperti yang sama-sama kita ketahui, bahwa jenis aki motor ada 2 jenis yaitu aki basah dan aki kering. Setiap jenis aki motor tersebut mempunyai waktu penggunaan yang berbeda dan perawatan yang berbeda pula. Khusus untuk jenis aki motor basah, bagaimana cara merawatnya supaya bisa awet dan tahan lama ?

Tips Mudah Merawat Aki Motor Agar Awet

Bicara tentang jenis aki motor basah, umur penggunaannya berkisar 1,5 – 2 tahun. Namun sebenarnya umur aki motor jenis ini bisa bertahan lebih lama dari perkiraan waktu yang sudah ditentukan. Ini tergantung bagaimana cara kita sebagai pemilik sepeda motor dalam melakukan perawatan. Ada Tips Mudah Merawat Aki Motor Agar Awet dan bertahan lebih lama, yaitu :

  • Cek ketinggian air aki motor

Untuk jenis aki motor basah, dianjurkan untuk melakukan pengecekan minimal 1 bulan sekali. Sifat dari aki motor yang didalamnya terdapat cairan ini adalah sumber daya listrik yang membahayakan dan sangat mudah terbakar. Karena hal tersebut, para produsen motor yang ada membuat tempat penyimpanan yang aman dan juga tersembunyi. Hal ini yang menjadi faktor penyebab, si pemilik sepeda motor menjadi malas untuk memeriksa secara rutin.

Menjaga aki motor basah ini biar tetap awet dan tahan lama, pastikan air aki motor tidak sampai habis bahkan kering. Jika memang diperlukan untuk mengisi ulang air aki, maka pastikan Anda menggunakan air aki motor yang berkualitas dengan mendatangi bengkel resmi untuk melakukan perawatan rutin.

  • Rajin membersihkan kutub aki motor dari kerak dan kotoran

Nah seperti sekarang-sekarang ini yang sudah masuk musim hujan, dimana kondisi ini membuat aki motor menjadi lembab. Air hujan memiliki kandungan asam yang tinggi, sehingga bisa menimbulkan korosi dan juga kerak pada kutub + dan – aki motor. Jika sudah seperti itu, ini akan mempengaruhi dan memperlambat proses penyaluran aliran atau arus listrik dari aki motor ke komponen-komponen yang memang membutuhkan listrik dalam pengoperasiannya.

Cara membersihkan aki motor dari kerak dan kotoran yang ada cukup mudah dilakukan, pertama lepaskan aki motor dari tempat (dudukannya) kemudan gunakan sikat besi plus cairan seperti WD untuk membersihkan. Setelah proses membersihkan selesai, maka keringkan dan kembali kencangkan baut-baut aki tersebut pada dudukannya. Oiya, satu lagi baut-batu harus terpasang dengan benar dan kencang. Kenapa ? Karena jika baut-baut tidak kecang, maka ini juga akan membuat arus listrik tidak stabil bahkan bisa menimbulkan percikan api yang berbahaya jika bersentuhan dengan bensin.

  • Panaskan mesin motor setiap hari sebelum digunakan

Idealnya setiap ingin berkendara sepeda motor, mesin motor harus dipanaskan minimal 10 menit. Ini harus dilakukan setiap hari untuk jenis motor yang menggunakan sistem karburator. Jangan pernah tidak memanaskan mesin motor selama berhari-hari. Karena memanaskan mesin motor ini merupakan cara untuk melumasi komponen-komponen penting yang ada di dalam mesin sekaligus mengisi kembai daya listrik ke dalam aki motor Anda. Jadi, jangan lupa yah untuk memanaskan mesin motor secara rutin!

  • Pastikan regulator masih berfungsi dengan baik

Tips terakhir dalam merawat aki motor untuk jenis aki basah ini, pastikan regulator masih bisa berfungsi dengan baik. Biasanya masalah yang terjadi ketika regulator bermasalah, aki motor kehabisan tenaga padahal aki dalam kondisi prima dan juga air aki motorpun tidak pernah kehabisan ataupun kering sehingga lampu motor mudah dan putus. Kemungkinan akar dari masalah ini adalah pada regulator atau kiprok yang sudah rusak dan harus segera diganti.

Mudah bukan merawat aki motor ? Jadi tidak perlu harus bongkar motor seluruhnya. Semoga bisa bermanfaat! -apuy-

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

6 Comments

  1. bang klau aki mtor sya kdang hdup kdang mati itu gmna? udah sya check ke bngkel” resmi hsilnya nihil ga ada yg trbkti, klau tba2 alrn lstriknya mati sirkuit dri aki sring sya ketok2 itupun kdang brhsil hdup lgi. tlong bntuanya bang

    • Terima kasih untuk bersedia mampir dan membaca artikel saya.
      aki yang agan miliki jenisnya apa dan sudah berapa lama aki motor tersebut digunakan ? Jika umur aki sudah 1- 2 tahun, maka menurut pengalaman saya harus segera ganti baru namun sesuaikan dengan aki bawaan motor agan. Namun jika masih baru, aki sering mati hidup, maka pastikan air aki selalu ada dan sama ketinggiannya (aki basah). Klo aki kering, pengalaman saya seh ada masalah pada dinamo motor alhasil ini bisa membuat sistem kelistrikan aki juga ikut drop.

      Saran saja : jika motor sudah dipegang satu montir, maka jangan ganti-ganti motor karena beda orang beda penanganannya.

    • Terima kasih telah bersedia mampir dan membaca artikel nya
      Tulisan ini seh ane buat berdasarkan pengalaman menggunakan motor dan info dari montir yang bisa menangani motor ane selama ini.
      Semoga bisa membantu dalam memberikan informasi yang dibutuhkan oleh para pembaca.
      Salam kenal kembali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *