0

TV Kabel Atau Satelit, Pilihan Anda Apa ?

TV Kabel Atau Satelit, Pilihan Anda ApaLayanan TV kabel kini tengah menjadi trend di kalangan masyarakat baik di perkotaan hingga pedesaan. Bahkan untuk bisa menarik minat para pelanggan, beberapa provider TV kabel Indonesia kini memperluas wilayah atau area jaringannya hingga ke daerah pelosok seperti TV kabel Bali, Karawang, Bandung, Indramayu, Cirebon, Tegal, hingga Pekalongan. Kenapa kini layanan TV berbayar seperti tv kabel menjadi pilihan ? Kurangnya kualitas tontonan di televisi lokal yang kurang menarik ditambah keinginan masyarakat yang menginginkan hiburan kelas dunia dari channelchannel luar negeri.

Jenis tv berbayar terbilang cukup beragam, dan ini memudahkan para pelanggan bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan. Namun jika lebih dipersempit jenis, maka layanan tv berbayar terbagi menjadi dua yaitu tv kabel dan tv satelit. Kedua jenis tv berlangganan ini tentu memiliki kelebihan dan juga kekurangan. Jadi untuk Anda yang masih bingung dalam memilih TV kabel atau satelit, mana yang bisa memberikan pelayanan dan hasil terbaik dan berkualitas ? Mari sama-sama kita bahasa bersama masing-masing point dari kedua jenis tv berlangganan tersebut.

Perangkat yang digunakan

Dari perangkat yang digunakan untuk mengopersionalkan kedua jenis tv berlangganan ini justru ada perbedaan. Untuk tv kabel dalam operasionalnya membutuhkan kabel coaxial dan receiver digital dalam membantu untuk menampilkan jaringan analog juga digital sehingga menciptakan gambar dengan kualitas sempurna. Berbeda dengan tv kabel, justru tv satelit sendiri menggunakan receiver digital dan antena parabola sebagai perangkat untuk bisa menangkap jaringan digital langsung dari satelit.

Area yang dijangkau

Untuk hal ini, tv satelit lebih terbaik, karena adanya penggunaan antena parabola yang membantu dalam menjangkau area yang lebih luas dengan memanfaatan satelit sehingga bisa memancarkan sinyal dengan baik. TV kabel sendiri cakupan area yang bisa dijangkau lebih pendek dan gambar lebih bagus justru ketika berdekatan dengan pusat kantor provider tv kabel itu sendiri. Provider tv kabel biasanya ketika meluaskan area jaringannya akan melakukan survei terlebih dahulu.

Kualitas sinyal yang diberikan

Untuk kualitas sinyal dari TV satelit lebih sedikit diunggulkan karena TV satelit menggunakan sinyal digital. Sedangkan untuk TV kabel justru menggunakan sinyal yang menggabungkan sinyal analog dan juga digital. Kualitas gambar pun, TV satelit mampu menghasilkan gambar yang lebih jernih.

Channel yang bisa dinikmati

Provider TV kabel di Indonesia cukup beragam menawarkan jumlah channel yang bisa dinikmati setiap pelanggannya. Pada umumnya untuk TV kabel bisa memberikan 300 channel tayangan dengan kualitas yang tidak semuanya bagus, karena merupakan gabungan dari sinyal analog dan digital. Sedangkan untuk TV satelit sendiri justru lebih sedikit yakni 250 channel namun bisa ditambahkan dengan perangkat tambahan yaitu transponder satelit.

Biaya layanan

Hal ini akan jelas terlihat perbedaannya, di mana layanan TV satelit akan lebih sedikit mahal dibandingkan dengan layanan TV kabel. Namun makin tinggi persaingan bisnis tv berbayar, baik TV satelit maupun TV kabel memberikan penawaran harga paket yang biayanya bisa lebih murah.

Sudah tahu kelebihan dan juga kelemahan dari setiap jenis TV berbayar, kini keputusan semua berada pada Anda. Anda memilih jenis TV berbayar yang mana ? -apuy-

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *