0

Waspada, Penyebab Penyakit Tumor dan Kanker Mengintai Kita!

Penyebab Penyakit Tumor dan KankerPenyakit Tumor dan Kanker merupakan jenis penyakit yang sangat berbahaya dan bisa mengakibatkan kematian. Penyakit tumor, kanker dan jenis penyakit lain bisa juga dikatakan sebagai ancaman kesehatan kita.  Nah ancaman-ancaman kesehatan tersebut tidak pernah mengenal waktu, usia . Sehingga ancaman ini dapat kapan pun bisa menyerang tubuh kita kapan pun, paling tidak kita bisa selalu waspada dan berupaya untuk bisa menerapkan pola hidup sehat.

Penyakit Tumor dan kanker atau pun jenis penyakit lainnya sudah pasti akan ada penyebabnya.  Tidak hanya itu saja, mengetahui beberapa penyebab-penyebab merupakan hal penting untuk kita. Sehingga kita dapat dengan mudah mengantisipasi dan menghindarinya. Berikut ini ada beberapa Penyebab Penyakit Tumor dan Kanker yang selalu mengintai kita, yaitu

  • Kentang Goreng, Keripik, Roti

Kenapa ketiga jenis makanana tersebut dianggap sebagai salah satu penyebab kanker ? Ini karena adanya bahan Acrylamide yang merupakan bahan kimia yang seharusnya digunakan dalam penanganan air limbah. Ternyata bahan ini tedapat pada kentang goreng, keripik, roti, dan donat. Jenis makanan ini memang merupakan sumber karbohidrat tinggi, namun ini berbahaya.

Bahan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi, asam amino asparagi dimasak dengan temperature tinggi, maka secara otomatis kedua zat akan bereaksi dengan gula dan ini akan membentuk acrylamide. Nah, dengan reaksi kimia pada tubuh dengan acrylamide maka akan berakibat terjadinya mutasi DNA yang memungkinkan meningkatkan resiko terserang tumor bahkan kanker.

Tips memasak kentang, keripik, dan roti ini usahakan menggunakan suhu atau temperatur rendah dengan waktu yang cepat. Jika terpaksa untuk menggoreng seperti kentang goreng, maka pastikan makanan tersebut tidak terlalu berwarna coklat. Sebelum memasak kentang, pastikan untuk merendam terlebih dahulu kurang lebih 2 jam, karena dengan merendam bisa mengurangi pembentukan acrylamide hingga 50%.

  • Beras Merah

Beras merah memang sangat cocok untuk kita yang sedang diet. Beras merah juga bisa untuk orang yang terkena penyakit diabetes, karena kadar gulanya yang lebih rendah dari nasi putih. Tapi penelitian yang dilakukan para ilmuan luar negeri menemukan racun arsenik pada beberapa merk beras merah. Racun ini mengandung logam yang sangat beracun yang bisa meleumpuhkan sistem pemulihan di DNA. Sehingga jika tejadi kerusakan, DNA tidak bisa langsung memperbaiki dan ini meningkatkan resiko terhadap penyakit tumor bahkan kanker yang mematikan.

Memang tidak semua merk beras merah yang mengandung racun arsenic, namun tetap kita perlu waspada dan selalu berhati-hati ketika mengolah beras merah ini. Sebelum memasak beras merah, bilas beras menggunakan air yang mengalir. Pastikan menggunakan perbandingan air yakni 6 cangkir air untuk 1 cangkir beras, dan kemudian buar kelebihan airnya.

  • Detergen Pakaian

Tahun 2011, gempat berita bahwa telah ditemukannya 1,4-dioxanie di deterjen pakaiaan oleh satu grup pemerhati lingkungan. 1,4-dioxanie ini merupakan sejenis bahan kimia yang memnang belum terbukti bisa menyebabkan penyakit tumor dan kanker pada manusia. Namun 1,4-dioxanie merupakan pemicu tumor hati dan hidung pada tikus. Dikemasan deterjen pun belum ditemukan, karena 1,4-dioxanie tersebut bukanlah bahan aktif tetapi ini merupakan ampas deterjen.

Nah, untuk menghindari nya maka pastikan untuk mengganti detergen yang dibuat dengan bahan dasar natural. Atau paling tidak, kita bisa membaca label pada kemasan deterjen. Jika ada kata-kata seperti polyethylene, polyethylene glycol, PEG, polyoxyethylene, atau kata-kata yang mengandung “oxynol” atau “eth” maka ini menandakan adanya dioxanie dalam deterjen tersebut.

  • Kemeja Anti Kusut

Memang produk kemeja ini pas untuk Anda yang mengutamakan penampilan rapi di semua aktifitas. Namun kemeja anti kusut ini ternyata dapat menyebabkan kanker khususnya kanker pada saluran pernafasan. Bahan formaldehyde yang merupakan bahan yang membuat kemeja selalu rapih dan bebas kusut adalah bahan yang bisa menyebabkan kanker. Terbukti beberapa penelitian menyimpulkan bahwa formaldehyde bisa meningkatkan resiko kanker.

Bagi yang sudah terlanjur memiliki kemeja anti kusut ini, maka sebaiknya untuk selalu mencuci hingga bersih sebelum digunakan. Karena dengan mencuci terlebih dahulu bisa mengurangi formaldehyde hingga 60%. Cara ini terbukti ampuh dan sudah teruji sebelumnya oleh salah satu peneliti di Amerika Serikat, California Enviromental Protection Agency.

  • Tempat / Wadah Berbahan Styrofoam

Kitapun sering melihat para pedangan makanan menjadikan tempat makanannya tersebut menggunkan bahan styrofoam. Memang sih sangat praktis digunakan, namun sifat dari bahan tersebut ternyata tidak bisa didaur ulang dan bisa merusak lingkungan. Bahkan fakta menyebutkan bahwa Styrofoam yang terbuat dari styrene ini bisa memproduksi bahan sejenis seyawa kimia yang mampu merusak DNA. Penggunaan Styrofoam bisa beresiko terkena penyakit tumor bahkan kanker yang bisa menyebabkan kematian.

  • Rokok

Merokok memang mengasyikkan, tapi tentu semua perokok pasti sudah mengetahui bahan-bahan terkandung dalam satu batang rokok. Iklan-iklan semua jenis rokok juga menghimbau akan bahaya rokok yang bisa membuat si perokok akan beresiko terkena penyakit tumor, kanker bahkan bisa mengakibatkan kematian.

Nah lain halnya untuk para perokok pasif. Memang perokok pasif tidak merokok, namun banyak juga yang mengatakan bahwa perokok pasif akan jauh beresiko terkena penyakit-penyakit berbahaya karena menghirup asap rokok yang tentu membawa bahan-bahan kimia berbahaya.

Jadi, waspadalah karena ternyata penyebab penyakit tumor dan kanker ada di sekitar kita! Semoga media informasi indonesia mengenai hal ini bisa menjadikan kita lebih waspada dan berusaha untuk hidup sehat. -apuy-

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *