0

Wireless Access Point Itu Beda Dengan Router Lho

Sebelum Anda mencari toko yang jual access point, ada satu pertanyaan. Apakah Anda tahu perbedaan antara access point dengan router? Banyak yang salah sangka bawasannya dua alat ini sama. Kenyataannya beda. Memang ada fungsi yang sama, yaitu menerima serta menyebarkan sinyal wifi. Hanya saja, ada perbedaan yang sangat signifikan. Mungkin, perbedaan inilah yang harus Anda jadikan pertimbangan sebelum membeli access point.

Letak Perbedaan Antara Access Point dengan Router

Wireless Access Point

Wireless Access Point

Ibarat kata, access point itu kakak dari router. Hal ini disebabkan access point muncul lebih dulu daripada router. Fungsinya sama, yaitu keduanya menerima dan menyebarkan sinyal wifi. Hanya saja, access point itu seperti kabel, yaitu menghubungkan antara satu device dengan yang lain saja. Sementara, router memiliki kemampuan lain seperti sebagai parent control di mana router bisa digunakan untuk memfilter situs apa saja yang bisa dan tidak bisa diakses. Namanya saja router. Maka fungsi lainnya adalah untuk melakukan routing. Hal ini tidak bisa dilakukan jika Anda memilih untuk membeli access point.

Meskipun demikian, bukan berarti salah jika Anda memilih access point. Bahkan, banyak yang menyarankan Anda menggunakan access point saja untuk mengkoneksikan jaringan internet di rumah atau di kantor kecil. Access point sudah sangat bisa diandalkan untuk kebutuhan skala kecil.

Pertimbangan Sebelum Membeli Access Point

Dari segi harganya, Anda bisa menemukan access point yang dijual dengan harga mulai dari 400an ribu hingga 1,5 juta rupiah. Tentu harga sangat menentukan kualitas. Yang pasti, access point dengan harga yang mahal memiliki kemampuan menyebarkan sinyal internet lebih kuat dan daya jangkaunya pun lebih luas. Biasanya, access point outdoor dijual dengan harga yang lebih mahal.

Wi-Fi Router

Wi-Fi Router

Namun, bukan harga yang menjadi satu-satunya pertimbangan sebelum beli access point. Anda juga perlu melihat mode apa yang bisa digunakan. Sekarang ini, ada access point yang juga berfungsi sebagai repeater, bridge, dan juga wireless client. Tentu hal ini harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Akan tetapi, jika harganya tidak terlampau jauh, mengapa tidak memiliki access point yang multifunction modes saja?

Selain itu, pilih juga access point yang support dengan WDS atau Wireless Distribution System. Dengan fitur ini, Anda bisa mengembangkan jaringan wireless yang lebih besar. Sebaiknya Anda benar-benar tahu produk access point yang Anda ingin beli sebelum memutuskan untuk membeli access point tersebut.

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *